Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 25 Agu 2019 12:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kuil Kiyomizudera dan Air Mancur Pembawa Keberuntungan

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kuil Kiyomizudera merupakan situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1994
Kuil Kiyomizudera merupakan situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 1994
detikTravel Community - Liburan ke Jepang, kamu mesti berkunjung ke Kuil Kiyomizudera. Di kuil Shinto ini, ada air mancur ajaib yang dipercaya membawa jodoh dan keberuntungan.

Otowa-san Kiyomizudera dalam bahasa Inggris artinya kuil air murni. Kuil ini merupakan salah satu kuil paling populer di Kyoto dan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO sejak tahun 1994.

Kuil di dalam kompleks seluas 130,000 meter persegi ini didirikan pada tahun 778 pada awal period Heian. Sedangkan hall utamanya didirikan pada tahun 1633.

Kiyomizudera terkenal dengan panggung kayu di hall utamanya, yang berjarak 13 meter di atas bukit. Yang menarik, dari panggung ini pengunjung bisa melihat pemandangan indah di antaranya pohon maple dan cherry yang berwarna-warni saat musim semi dan musim gugur.

Cantik sekali. Dan hebatnya, hall utama termasuk panggungnya dibangun tanpa menggunakan paku. Di bawah hall utama terdapat Jishu Shrine yang didedikasikan untuk dewa cinta dan perjodohan.

Di kompleks ini terdapat air mancur Otowa yang terletak di dasar hall utama Kiyomizudera. Airnya dibagi menjadi 3 aliran dimana para pengunjung menggunakan cangkir untuk mengambil dari tiang panjang.

Setiap aliran air dipercaya memiliki fungsi berbeda, ada yang untuk umur panjang, sukses di sekolah, dan kehidupan cinta yang baik. Meskipun begitu, sebaiknya tidak perlu minum dari semua aliran, karena kita akan dianggap serakah. Dan pastinya, spot ini selalu dipadati oleh antrian pengunjung. D'traveler mau mencoba juga?

Kuil ini dibuka dari jam 6 pagi hingga 6 sore dengan tiket masuk 400 yen. Terletak di pusat kota, dari Kyoto Station kita bisa naik bis nomor 100 atau 206 dan turun di Kiyomizu michi.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA