Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 12 Mei 2019 14:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menyusun Batu Harapan di Gunung Seorak, Korea Selatan

Foto 1 dari 5
Batu-batu yang disusun oleh traveler si jalan-jalan Taman Nasional Seoraksan.
Batu-batu yang disusun oleh traveler si jalan-jalan Taman Nasional Seoraksan.
detikTravel Community - Gunung Seorak punya mitos unik. Barang siapa bisa menyusun batu harapan, konon keinginannya akan tercapai. Mau coba?

Gunung Seorak yang berada di Taman Nasional Seoraksan, Kota Sokcho, Korea Selatan tak hanya memiliki keindahan alam yang sudah terkenal hingga ke pelosok dunia. Gunung ini pun menyimpan tradisi yang masih dipercayai masyarakat Korea dan wisatawan yang berkunjung. Salah satunya menyusun batu-batu hingga tinggi yang konon menandakan terkabulnya suatu harapan.

Perjalanan D'Traveler Goes to Korea bersama Tiket.com di destinasi kali ini cukup panjang yakni ke Taman Nasional Seoraksan di Kota Sokcho, provinsi Gangwon. Taman nasional ini terkenalld engan Gunung Seorak yang memiliki panorama alam yang indah. Taman Nasional Seoraksan merupakan barisan gunung batu, maka tak heran jika terdapat banyak batu berserakan di sepanjang jalan hingga di berbagai sudut taman nasional ini. Ada sungai-sungai yang melintas di antara gunung-gunung dipenuhi batu-batu putih di taman ini. Terdapat jembatan kayu maupun batu yang terbentang di atasnya. Maka, jembatan kayu dan batu berlatar gunung-gunung dan hutan asri ini pun menjadi salah satu titik yang banyak disukai traveler.

Karena karakteristiknya sebagai gunung batu, maka traveler akan kerap menemukan bebatuan berbagai ukuran di sepanjang jalan dan beberapa titik. Bahkan traveler juga akan melihat tumpukan batu kecil yang disusun dengan beragam ketinggian. Batu-batu ini sengaja disusun oleh para traveler. Mereka dengan tekun menyusun satu per satu bebatuan itu hingga mencapai tinggi yang mereka inginkan. Para traveler juga bahkan mengabadikan foto batu-batu yang telah berhasil mereka susun.

Ternyata, menurut warga lokal Korea, tradisi menyusun batu ini kerap dilakukan karena ada kepercayaan bahwa bagi yang berhasil menyusun batu sampai tinggi tanpa jatuh berantakan, maka keinginannya akan mudah tercapai. Tradisi dan kepercayaan bagi masyarakat Korea ini telah turun temurun dari nenek moyangnya. Mereka bahkan biasanya menyusun beberapa buah batu menjadi satu kesatuan di pinggir sungai, di pinggir jalan, di perbukitan, bahkan di puncak Gunung Seorak yang memang banyak terdapat batu-batu berbagai bentuk dan ukuran.

Sebelum mulai menyusun batu tersebut, mereka menyebutkan harapan dan keinginannya baik dalam hati maupun bersuara. Jika batu yang disusun bertingkat tersebut tidak jatuh maka apa yang menjadi keinginannya bakal terkabul, tapi jika tidak berhasil atau jatuh berserakan maka permintaannya tidak terkabul. Tentu ini adalah apa yang dipercayai masyarakat Korea, namun banyak wisatawan juga yang ikut bersemangat menyusun batu harapan ini.

Untuk melihat tradisi ini secara langsung, traveler dapat mengakses Kota Sokcho sekitar 3 jam dari Kota Seoul. Sedangkan ke Kota Seoul sudah banyak pilihan penerbangan. Tentukan pilihan traveler dengan rekomendasi dan program menarik dari Tiket.com karena #SemuaAdaTiketnya dan sangat mudah diakses.

 

 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED