Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Mei 2019 18:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Makan Sup Ayam Isi Ginseng di Korea, Sehat dan Enak!

Foto 1 dari 5
Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Korea yang terkenal akan rasanya yang enak dan manfaatnya yang besar bagi kesehatan.
Samgyetang, Sup Ayam Ginseng Korea yang terkenal akan rasanya yang enak dan manfaatnya yang besar bagi kesehatan.
detikTravel Community - Bukan cuma keindahan alam dan budaya, kuliner Korea Selatan juga menggoyang lidah. Salah satunya Samgyetang alias sup Ayam Ginseng Korea.

Di Kota Seoul, ada berbagai rumah makan yang menyajikan Samgyetang. Salah satunya restoran Korea yang terletak di Jalan Seosomun atau Seosomun-ro 11-gil. Restoran ini sangat terkenal, terlihat dari ramainya rombongan traveler yang datang ke restoran yang sudah berdiri selama 59 tahun ini.

Restoran ini memiliki empat lantai yang selalu ramai. Menu andalan mereka adalah Samgyetang atau Sup Ayam Ginseng Korea dan Sup Ayam Korea dengan Ginseng Liar, serta menu-menu sup lainnya.

Samgyetang terdiri dari seekor ayam yang direbus dalam air kaldu mendidih dengan bumbu sup. Ayam ini diisi dengan nasi dan ginseng di dalam rongga perutnya. Seorang mendapatkan satu pot panas berisikan satu ayam dengan nasi dan ginseng matang di dalamnya.

Sebagai pendamping, samgyetang disajikan bersama mie tebal putih seperti udon, kimchi, lobak, air mineral, dan arak ginseng. Arak ginseng ampuh untuk menghangatkan tubuh dan meningkatkan stamina, layaknya manfaat ginseng pada umunya.

Hati-hati saat Samgyetang dihidangkan karena supnya disajikan dalam kondisi mendidih. Orang Korea memang terkenal dengan kebiasaan menyantap berbagai hidangan selagi panas. Namun, sesuaikan dengan lidah traveler, jangan sampai kepanasan dan melepuh.

Cara menyantap Samgyetang yakni cobalah sesendok kuah supnya untuk pertama kali, kemudian dengan menggunakan sumpit, bukalah isi rongga perutnya agar nasi dan ginseng matangnya terlihat. Santaplah daging empuknya dengan udon maupun nasi yang terdapat dalam sup. Selang-selingi dengan menyantap Kimchi agar terasa makin segar dan nikmat.

Ginseng yang disajikan dalam Samgyteng berjumlah sebatang utuh alias tidak terpotong. Ginseng itu harus dinikmati karena khasiat utama Samgyetang ada dalam ginsengnya. Daging ayamnya sangat empuk, namun bukan presto sehingga tulang-tulangnya harus tetap dibuang. Buanglah tulang-tulang ayamnya pada wadah kecil dilapisi plastik yang disiapkan di masing-masing meja.

Untuk menyantap Samgyetang, traveler cukup merogoh kocek sebesar 16.000 Won untuk ginseng biasa, dan 22.000 Won untuk ginseng liar. Penasaran dengan rasa Samgyetang? Traveler harus mencobanya langsung di negeri asalnya, Korea. Dapatkan rekomendasi tiket ke Seoul, Korea Selatan dengan berbagai program menarik di Tiket.com. rasakan nikmat dan manfaat Samgyetang langsung di Negeri Ginseng #SemuaAdaTiketnya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED