Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 06 Jun 2019 13:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Primadona di Atas Bukit Kota Istanbul, Turki

arief kas
d'travelers
Foto 1 dari 5
Kembaran masjid Biru, sangat mirip sekali dengan luasan yg lebih besar
Kembaran masjid Biru, sangat mirip sekali dengan luasan yg lebih besar
detikTravel Community - Sebuah masjid di Turki jadi daya tarik utama karena keindahannya dan letaknya berada di atas bukit. Tahu apa Masjid tersebut?

Pembangunan masjid baru yang megah ini diprakarsai oleh Presiden Turki, Recep Erdogan ditahun 2012, dibangun tahun 2013, diresmikan bulan Mei 2019 dan kini tampil megah diatas bukit disisi benua asia.

Belum lama ini, Qori dari NTB - Syamsuri Firdaus yang berusia 20 tahun menjadi juara pertama di MTQ Internasional ke 7 diadakan dimasjid Agung Camlica, Istanbul - Turki. Dan foto Presiden Turki - Recep Tayyip Erdogan memeluk Qori Indonesia dari NTB tersebut memenuhi jagad raya digital. Masjid Agung Camlica kini menjadi trend bagi masyarakat Turki, masjid tersebut digadang untuk dibangun dari tahun 2012 atas prakarsa Erdogan.

Dibangun diatas puncak bukit Camlica dan tepat berada di Turki benua Asia, kembaran masjid biru ini menjadi tetenger terbaru dikota Istanbul. 6 buah menara yang tinggi menjadi salahsatu penanda bahwa masjid baru yang megah tersebut sudah berdiri dengan kokoh disisi benua Asia, bukan dibenua Eropa. Yang unik masjid ini dibangun oleh dua arsitek wanita dari Turki yang bernama Bahar Mirzak dan Hayriye Gul Totu serta menghabiskan biaya sebesar 150 juta Lira atau sekitar 66,6 juta USD. Sungguh sebuah dana yang amat luar biasa besar bagi Turki. Masjid Agung ini mulai dibangun tahun 2012 dan baru saja diresmikan tanggal 4 Mei 2019 oleh Presiden Erdogan.

Ada yang menentang pembangunannya, tetapi Erdogan tetap membangunnya sebagai salahsatu keingin besarnya untuk menghidupkan kekhilafahan Islam di Turki yang dari tahun 1922 telah dipadamkan oleh Kemal Ataturk dan penjajahan Inggris. Empat buah menara dimasjid Camlica tersebut memiliki tinggi 107,1 meter sebagai penghormatan terhadap kemenangan tentara Turki di kota Seljuk dari tentara romawi byzantium.

Masjid Agung Camlica ini bisa menampung 63,000 jemaah yang ingin sholat dan merupakan masjid terbesar saat ini di Turki. Dilengkapi dengan ruang pertemuan yg bisa menampung 1.100 orang, perpusatakaan seluas 3,500 meter persegi dan museum seni Islam seluas 11.000 meter persegi. Dan yang paling unik, mimbar untuk sang khotib berada diketinggian 48 anak tangga sehingga perlu dilengkapi dengan lift.

Kubah utama masjid agung ini berdiameter 72 meter persegi sebagai lambang 72 negara yang tinggal dikota Istanbul dan kubah kedua yaitu 34 meter sebagai lambang plat kendaraan kota Istanbul. Masjid agung ini tepat berada dibukit Camlica dengan pemandangan lepas menuju ke selat Bosphorus yang indah, dari kejauhan tampak jembatan selat bosphorus yang menghubungkan antara benua asia dan eropa.

Untuk menuju kemasjid ini belum ada transportasi umum seperti MRT, tetapi bisa ditempuh dengan moda bus yg melewati selat bosphorus dan menaiki tangga menuju ke bukit Camlica atau yang paling mudah dengan naik taksi langsung menuju kemasjid agung ini. Setiap akhir pekan, dipenuhi oleh para masyarakat lokal dan turis asing, tidak jarang warga lokal membawa alas dan makanan serta minuman sambil menunggu waktu berbuka di masa Ramadhan ini. Bukit Camlica dengan masjid agungnya yang megah tersebut menjadi primadona saat ini. 

BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED