Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 17 Okt 2019 15:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Maldives? Bukan, Ini di Lampung

Jose Habeahan
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Sepintas melihat, pemandangan yang ada di sini mirip dengan Maldives. Padahal bukan, ini Pulau Tegal Mas di Lampung.

Saya mau berbagi cerita tentang salah satu tempat yang katanya hits banget di Provinsi Lampung. 12 Juni 2019, saya mandatangi sebuah pulau di Provinsi Lampung yaitu Pulau Tegal Mas.

Maldives? itulah yang menjadi asumsi saya ketika menginjakkan kaki di pulau ini. Pasirnya putih. Airnya jernih. Penginapannya di atas air. Tapi ini bukan Maldives, ini Indonesia, sebuah negara kesatuan yang memiliki banyak keindahan.

Pulau Tegal Mas terletak di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Untuk sampai di pulau ini, kita bisa mengarahkan tujuan ke Kota Bandar Lampung.

Sesampainya di kota Bandar Lampung, arahkan tujuan kita ke Kabupaten Pesawaran, tepatnya ke Pantai Sari Ringgung. Pulau Tegal Mas berada di teluk yang ada di Pulau Sumatera.

Jika kita melihat pada peta, di bagian ujung selatan Pulau Sumatera, ada sebuah teluk yang terbentuk, di area teluk itulah Pulau Tegal Mas berada.

Pulau Tegal Mas memiliki luas lahan 113 Ha. Untuk mencapai pulau ini kita harus menaiki kapal dari Pantai Sari Ringgung. Saat ini, sudah ada pelabuhan resmi dari Pantai Sari Ringgung menuju Pulau Tegal Mas.

Sesampainya di pintu masuk Pantai Sari Ringgung, kita harus membayar biaya masuk sebesar Rp 20.000 dan juga biaya masuk kendaraan sebesar Rp 10.000. Setelah sampai di wilayah pantainya, akan banyak pemilik kapal yang akan menawarkan jasa penyebrangan ke Pulau Tegal Mas.

Harga sewa kapal bervariasi sesuai dengan fasilitas dan juga banyaknya penumpang. Untuk 2-3 orang dengan fasilitas antar jemput saja, harganya sekitar Rp 300-400 ribu. Biasanya semakin banyak penumpang. biayanya semakin murah.

Misalnya penumpangnya 15 orang, harga sewa kapal bisa hanya 1 juta rupiah. Untuk masalah harga sewa kapal, kita bisa tawar-menawar, namun harga pasarannya sekitar itu.

Setelah menemukan kapal yang pas, kita akan langsung diantar ke Pulau Tegal Mas. Untuk masuk ke wilayah Pulau Tegal Mas, kita harus membayar lagi biaya masuk sebesar Rp 50.000

Itu yang saya sampaikan di atas tadi, harga sewa kapal bervariasi sesuai dengan fasilitas. Ada penyedia jasa sewa kapal yang sudah memberikan fasilitas biaya masuk, jadi kita bisa menawar biaya paket sewa kapal sekaligus biaya masuk Pulau Tegal Mas.

Di Pulau Tegal Mas ada banyak fasilitas seperti penginapan, permainan air seperti kano, banana boat, snorkeling, diving, dan pastinya pantai yang indah.

Untuk penginapan memiliki banyak variasi. Ada yang disebut Kampung Lombok Laut, yaitu penginapan di atas air yang sangat indah dengan harga Rp 5.000.000/malam dengan kapasitas 5 orang. Di area penginapan ini ada penangkaran ikan hiu yang bisa kita lihat, dan juga kita bisa berenang bersama hiu tersebut

Ada lagi yang disebut Kampung Lombok Mas, yaitu penginapan di pinggir pantai yang mengarah ke laut dengan harga Rp 4.000.000/malam dengan kapasitas 5 orang. Ada banyak penginapan lain berbentuk kamar-kamar dengan harga Rp 2.500.000/malam dengan kapasitas 3 orang.

Fasilitas lain yang ada di pulau ini juga adalah kano yang disewakan seharga Rp 25.000/30 menit, dan juga banana boat Rp 35.000/orang minimal 5 orang.

Banyak juga spot-spot snorkeling dan diving di pulau ini. Ada gajah pulau, wisata selfie dan yang lainnya.

Pasir putihnya yang indah sangat memanjakan mata. Pemandangan ke arah pulau-pulau lain juga sangat sempurna.

Banyak orang bilang pulau ini Maldives-nya Indonesia. Mari kita jaga keindahannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Segitu dulu cerita saya kali ini. Terimakasih telah membaca.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA