Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 16 Agu 2019 11:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Tak Jauh dari Jakarta, Ini Pulau Kecil & Hutan Mangrove Eksotis

Foto 2 dari 5
Gate masuk dan keluar taman nasional.
Gate masuk dan keluar taman nasional.
detikTravel Community - Tak jauh dari Jakarta, inilah Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Ada pulau kecil dengan pantai pasir putih, sampai hutan mangrove!

Gerbang utama Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu terletak di Pulau Pramuka yang merupakan salah satu pulau yang cukup dikenal masyarakat. Pulau Pramuka ini juga merupakan pusat administratif Kabupaten Kepulauan Seribu dan sekaligus pusat pemerintahan satu-satunya kabupaten di Provinsi DKI Jakarta ini. Karena pulau ini tidak begitu luas, traveler mampu mengelilinginya hanya kurang dari sehari.

Para traveler bisa mengunjungi Pulau Pramuka dengan menaiki kapal motor reguler dari dermaga Muara Angke dengan waktu tempuh tiga jam, atau menggunakan kapal cepat dari Marina Ancol dengan waktu tempuh satu jam saja. Tak jauh dari dermaga utama pulau, traveler bisa mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Seribu.

Hanya dengan berjalan kaki melewati permukiman dan lapangan bola umum, maka traveler akan menemukan sebuah plang atau gapura cokelat bertuliskan nama taman nasional ini. Usia taman nasional ini terhitung masih relatif muda karena diresmikan pada September 2016.

Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah kawasan pelestarian alam bahari di Indonesia. Taman nasional ini terdiri dari ekosistem pulau-pulau sangat kecil dan perairan laut dangkal, yang terdiri dari gugus kepulauan, gosong pulau dan hamparan laut dangkal pasir karang, terumbu, dan mangrove.

Hutan mangrove ini pula lah yang cukup kental dan menjadi ciri khas dari taman nasional ini. Hutan mangrove terhampar di sepanjang taman nasional ini karena fungsi utamanya yakni sebagai penopang ekosistem pantai agar tetap terjaga.

Di sepanjang hutan mangrove di taman ini disediakan jembatan-jembatan panjang yang terbuat dari kayu agar para traveler bisa lulasa menjelajahi taman nasional dan melihat berbagai sudut keindahan laut dan pantai.

Traveler bisa melihat berbagai variasi pemandangan lauut dari taman nasional ini. Mulai dari lautan lepas biru, lautan dengan karang-karang, pantai dengan pasir putihnya, kapal-kapal yang sedang berlabuh, dan pemandangan matahari terbenam saat senja. Tiket masuk taman nasional ini jika berkunjung di hari biasa/weekday yakni Rp 5.000 untuk pengunjung umum dan Rp 3000 untuk pelajar atau mahasiswa.

Sedangkan di hari kerja akan dikenakan tarif 150% dari harga tiket saat hari kerja. Berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan di taman nasional ini yakni pengamatan hidupan liar, menyelam (scuba diving), snorkelling, kano/bersampan, memancing dengan tentunya ada tarif tambahan untuk masing-masing aktivitas.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA