Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jul 2019 11:48 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Sudut Seni yang Mesti Kamu Kunjungi di Museum Macan

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Dinding depan yang dilapisi anyaman rotan dengan motif kain tradisional Indonesia
Dinding depan yang dilapisi anyaman rotan dengan motif kain tradisional Indonesia
detikTravel Community - Museum Macan punya berbagai koleksi menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Elevation yang jadi karya kebanggaan anak bangsa.

Pada saat menghadiri piknik halal bihalal besama detikTravel, saya diajak berserta rombongan diajak menjelajah museum macan beberapa waktu lalu. Saya cukup tertarik terhadap suatu karya seni berbentuk unik dengan anyaman rotan yang motifnya menyerupai kain tradisional.

Dalam pameran bertajuk Matter and Place yang saat ini sedang berlangsung di museum MACAN, menghadirkan salah satu karya terbaik anak negeri, yaitu Elevation, sebuah karya dari seorang arsitek bernama Andra Martin.

Selain bentuknya unik, terdapat antrian beberapa pengunjung museum untuk masuk ke dalam instalasi seni ini. Bahkan jumlah pengunjung yang masuk hanya dibatasi maksimum 5 orang saja, demi kenyamanan saat berada di dalam.

Walaupun tidak terlalu besar, namun sesaat setelah masuk, kesan pertama yang saya rasakan seakan saya sedang berada di dalam sebuah labirin, karena kita akan melalui jalur yang berliku, naik dan turun saat masuk dalam instalasi seni ini.

Di samping itu, terdapat miniatur rumah adat dari beberapa daerah di Indonesia dalam ukuran yang sangat kecil. Rupanya perbedaan ketinggian rumah adat yang ada di Indonesia ini lah yang menjadi inspirasi dari Andra Martin.

Bahkan instalasi seni ini pada tahun 2018 yang lalu berhasil memperoleh penghargaan special mention dari juri di Venice Architecture Biennale.

Instalasi ini menampilkan ragam bentuk arsitektur vernakular Indonesia dan meletakkannya di ruang bertingkat. Menurut Wikipedia, Vernakular berarti arsitektur yang terbentuk dari proses yang berangsur lama dan berulang-ulang sesuai dengan perilaku, kebiasaan, dan kebudayaan di tempat asalnya.

Jika traveler tertarik datang saja ke museum MACAN yang berada di gedung AKR, jalan Perjuangan No 5, Kebun Jeruk Jakarta Barat. Jangan sampai terlewat ya traveler, sebab instalasi seni yang baru pertama kali dipamerkan di Indonesia ini sudah berlangsung sejak bulan April dan akan berakhir pada Bulan Juli.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA