Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 20 Okt 2019 14:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Warisan Sejarah & Kebudayaan Yogyakarta yang Indah

Shafira Lupita
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pagelaran Sendratari Ramayana
Pagelaran Sendratari Ramayana
detikTravel Community - Yogyakarta, kota dengan semboyan Hamemayu Hayuning Bawana ini memang menarik untuk dikunjungi. Di sini ada banyak peninggalan sejarah dan kebudayaan yang indah.

Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata utama di Pulau Jawa. Memiliki luas wilayah 3.185,80 km persegi, dengan beragam pesona alam dan destinasi wisata.

Di antaranya terdapat beberapa tempat wisata yang memiliki sejarah tersendiri dan wajib dikunjungi. Yang pertama ada Keraton Yogyakarta, didirikan pada tahun 1755 oleh Sultan Hamengku Buwono I.

Berlokasi di Kota Yogyakarta dan merupakan tempat tinggal resmi para Sultan yang bertahta di Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Selain memiliki kemegahan bangunan, Keraton Yogyakarta juga memiliki suatu warisan budaya yang tak ternilai. Di antaranya adalah upacara-upacara adat, tarian-tarian sakral, dan pusaka.

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang, mulai dibangun pada sekitar tahun 850 masehi oleh Rakai Pikatan. Terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten.

Candi ini termasuk situs warisan dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara.

Wisata Candi Prambanan dibuka setiap hari pada pukul 06.00-17.00. Dan pada malam bulan purnama setiap bulannya pada pukul 20.00 - 22.00 digelar pertunjukan sendratari Ramayana.

Monumen Yogya Kembali, dibangun pada tanggal 29 Juni 1985. Adalah sebuah museum sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di Kota Yogyakarta dan dikelola oleh Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Museum Monumen dengan bentuk kerucut ini terletak di wilayah Sleman, Yogyakarta. Dibuka pada hari Selasa-Minggu pada pukul 08.00-16.00.

Monumen ini memiliki banyak cerita bersejarah tentang Yogyakarta di masa lalu. Ketika anda berada di tempat ini, anda akan mendapatkan ilmu dan berbagai macam informasi yang berharga.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA