Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 14 Jul 2019 09:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kamu Anak Gunung? Pasti Jatuh Cinta dengan Gunung Prau

Foto 1 dari 5
Gunung Sumbing dan Sindoro yang memukau.
Gunung Sumbing dan Sindoro yang memukau.
detikTravel Community - Indonesia diberkahi deretan gunung-gunung yang menawan. Salah satunya Gunung Prau di Dieng, Jawa Tengah yang cocok buat pendaki pemula.

Demi konten, laut akan diselami dan gunung akan didaki. Termasuk Gunung Prau ini yang terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah. Gunung Prau memiliki dataran padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Dengan tinggi 2.565 Mdpl, menjadikan Gunung Prau salah satu gunung yang cocok bagi pemula karena tidak terlalu tinggi.

Terdapat beberapa rute untuk dapat sampai ke gunung ini. Pertama via Dieng, pemandangan yang disajikan begitu elok karena memandang ke arah dataran tinggi Dieng, tetapi jarak tempuh yang akan dilalui lebih panjang dari pada melalui jalur lain yang mencapai 6-8 jam.

Kedua via Kalilembu, Titik 0 pos ini berada di perkampungan warga dan melalui perkebunan warga sekitar. Pemandangan yang disajikan hanya pepohonan dan bukit puncak dari Gunung Prau. Waktu yang diperlukan hanya 4-5 jam.

Ketiga via Patak, Banteng Pos ini menjadi favorit dan gerbang yang paling ramai di pilih oleh para pendaki karena jarak tempuhnya hanya 2-3 jam untuk perjalanan normal. Tetapi dengan konsekuensi jalanan yang bertangga dan menanjak, cenderung berat bagi pendaki pemula karena akan menguras banyak tenaga.

Karena banyaknya pilihan untuk bisa mencapai Puncak Prau, maka banyak yang menjadikan Gunung Prau pilihan untuk mendaki. Selain itu karena Gunung Prau juga dikelilingi oleh beberapa gunung besar di antaranya adalah Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro yang memang lokasi penanjakannya berdekatan dengan Gunung Prau.

Maka hasil foto saat cuaca cerah di Puncak Prau akan lebih epik. Bahkan beberapa gunung seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan Gunung Lawu juga akan terlihat dari camping ground Gunung Prau. Tapi jika ingin naik ke Gunung Prau jangan lupa bawa bawa turun sampahmu ya!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA