Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 18 Jul 2019 19:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Toko Roti dari Zaman Belanda yang Masih Eksis di Bandung

Foto 1 dari 5
Sumber Hidangan sudah buka sejak tahun 1929 awalnya bernama Het Snephuis.
Sumber Hidangan sudah buka sejak tahun 1929 awalnya bernama Het Snephuis.
detikTravel Community - Berdiri sejak 1929, toko roti ini merupakan salah satu toko yang masih bertahan sesuai dengan fungsi awalnya di Jalan Braga, Bandung. pernah ke sana?

Jalan-jalan di Kota Bandung tidak lengkap rasanya jika tidak berjalan-jalan di Braga. Jalan ini terkenal sebagai pusat bisnis bagi orang-orang Eropa yang tinggal dan berkunjung ke Kota Bandung zaman kolonial. Hingga saat ini sisa-sisa keemasan jalan ini masih tersisa dalam gaya arsitektur pertokoan lama di sepanjang jalan. Sumber Hidangan adalah adalah salah satu restoran dulu yang masih bertahan di jalan ini.

Jika Anda baru pertama kali mengunjungi tempat ini, Anda tidak akan mengira jika di balik lukisan-lukisan yang dijual di Jalan Braga terdapat satu restoran yang masih mempertahankan rasa dan resep asli menu makanannya. Berdiri sejak 1929, Sumber Hidangan awalnya bernama Het Snephouis yang berarti Rumah manis, seperti namanya toko ini menjual berbagai camilan yang manis.

Ketika mengunjungi tempat ini lupakan sejenak WiFi, colokan listrik atau sofa yang nyaman. Memandang interior tempat ini sepertinya tidak banyak berubah sejak pertama kali toko ini buka, bangunan beratap tinggi gaya zaman Belanda, pola lantai teraso, dan lampu-lampu yang mengantung.

Pada satu sisi tempat ini seperti museum entah itu karena etalasenya yang terlihat tua, kursi untuk pengunjung, timbangan jaman dulu, foto-foto yang tersimpan, hingga mesin hitung dan radio tua di bagian kasir.

Toko ini terdiri dari dua bagian, satu bagian menjual berbagai roti dan kue-kue yang berderet di dalam etalase kaca. Mungkin bagi sebagian orang baru pertama kali datang ke tempat ini akan sedikit kaget dan kebingungan, bukan karena harganya tetapi karena terdapat nama roti dan kue yang berbahasa Belanda seperti bokkepoot, krentebrood, suiker hagelslag, likeur bonbon, dan lain-lain yang pastinya sulit diucapkan apalagi dipahami bagi sebagian orang. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena pegawai di tempat ini siap membantu menjelaskan apa saja mereka jual.

Bagian kedua bangunan ini diisi kursi dan meja untuk pengunjung yang ingin makan di tempat. Selain menjual roti, toko ini juga menjual berbagai minuman dan es krim yang bisa dipesan di bagian ini. Es krim menjadi yang menjadi salah satu andalan tempat ini terdiri berbagai varian rasa mulai dari vanili, coklat, mocca hingga yang namanya lagi-lagi asing di telinga seperti marasquino, nesselrode, moorkus, plombiere dan lain-lain.

Aneka roti di Sumber Hidangan dihargai mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 14.000, sedangkan untuk kue kering dijual mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 91.000 per ons. Jika ingin mencicipi aneka es krimnya, Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp 11.000 hingga Rp 30.000.

Bagi yang tertarik mencoba roti dan es krimnya, toko legendaris ini berlokasi di Jalan Braga No 20-22 dan buka dari jam 09.00 WIB hingga 15.30 WIB. Toko ini tutup setiap Hari Minggu.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA