Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 06 Agu 2019 20:00 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pemakaman Ma'la dan 4 Tempat yang Bisa Dikunjungi di Mekah

Barid sophia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Sabil zamzam, tempat penampungan air zamzam yang dapat mengambil dalam jumlah banyak
Sabil zamzam, tempat penampungan air zamzam yang dapat mengambil dalam jumlah banyak
detikTravel Community - Kota Mekah semakin ramai menjelang puncak musim Haji. Ada banyak destinasi yang bisa didatangi di sana.

Ternyata, tidak sedikit tempat-tempat bersejarah bisa kita kunjungi hanya dengan berjalan kaki saja dari Masjidil haram. Dari Masjidil Haram, cukup keluar melalui pintu Babussalam dan lurus saja.

Sebenarnya untuk menuju ke tempat-tempat ini bisa juga ditempuh menggunakan kendaraan. Tetapi karena jarak antara lokasi ke lokasi yang lain merupakan jarak yang dekat jika menggunakan kendaraan, bisa jalan kaki saja.

Tempat-tempat yang bisa dikunjungi untuk kita bisa mengetahui kebiasaan, budaya dan juga sejarah ini adalah:

1. Sabil Zam-zam

Hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit dari pintu keluar Masjidil Haram ke lokasi penampungan zam-zam terdekat. Tempat air yang tidak pernah berhenti mengalir ini sangat ramai didatangi untuk orang mengambil air zam-zam sepuasnya. Ada yang membawa jerigen, galon air, bahkan sengaja membawa troli. Ditemukan juga orang mandi di sini, padahal tertulis dilarang mengambil wudhu maupun mandi.

2. Perpustakaan

Di sebelah Sabil Zam-zam terdapat perpustakaan, tetapi yang diizinkan untuk masuk ke dalam perpustakaan hanyalah laki-laki. Tetapi tak perlu risau, karena di bagian depan, laki-laki maupun wanita bisa mengantre untuk mendapatkan buku ataupun CD yang dibagikan gratis sesuai dengan bahasa negara masing-masing. Tanpa menyebut Indonesia, pasti orang tahu kalau kita dari Indonesia.

3. Masjid Jin

Sekitar 800 meter dari perpustakaan, akan ditemui Masjid Jin. Masjid terkenal ini, letaknya tidak jauh ujung Pemakaman Ma'la. Masjid Jin disebut Masjid Baiah karena di masjid ini para jin berbaiat atau berikrar untuk masuk kedalam agama Islam. Saat jin mendengar Rasulullah SAW membaca ayat-ayat Al Quran, pada saat itulah jin-jin tersebut berbaiah atau berikrar akan beriman kepada Nabi Muhammad dan apa yang dibawa oleh beliau.

4. Pemakaman Ma'la

Area pemakaman Ma'la ini sangat besar, ukurannya sepanjang sebelum Masjid Jin sampai menyeberang jalan raya. Makam-makam di sini sangat berbeda dengan di Indonesia. Pemakaman Ma'la merupakan tempat Siti Khadijah dikuburkan. Konon, makam ini memiliki database orang-orang yang pernah dikuburkan di sini. Tempat ini pula yang menjadi pemakaman KH Maimoen Zubair.

5. Pasar Jaafaria

Apabila ingin berbelanja oleh-oleh dengan harga yang sangat miring, silakan berkunjung ke Pasar Jaafaria yaitu sekitar 700 m dari Pemakaman Ma'la. Barang yang ada di sini sangat lengkap. Mulai dari emas, baju, karpet, tas, dompet, hiasan dinding sampai dengan gantungan kunci dan lain-lain. Tetapi jangan takut untuk menawar dengan harga rendah.

Jangan khawatir, sebagian besar pedagang bisa bertransaksi dengan bahasa indonesia. Waktu yang paling tepat untuk traveling jalan kaki adalah setelah syuruq (sunrise). Udaranya tidak terlalu panas, cahaya pas untuk mendapatkan foto yang bagus dan tentu saja, banyak toko sepanjang perjalanan yang sudah buka. Alangkah baiknya jika mempersiapkan dengan membawa minum, kacamata hitam dan juga topi.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA