Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 18 Agu 2019 17:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Kalau Jember Punya Event JFC, Bojonegoro Punya TIFF

Didik Jatmiko
d'travelers
Foto 1 dari 5
Aksi Penari Thengul dalam Bojonegoro Thengul International Folklore Festival (TIFF) 2019
Aksi Penari Thengul dalam Bojonegoro Thengul International Folklore Festival (TIFF) 2019
detikTravel Community - Indonesia memiliki banyak atraksi wisata yang dapat menggaet turis lokal maupun internasional. Salah satunya adalah event budaya yang beragam di setiap wilayah.

Apa kabar sekalian. Saya mau berbagi informasi mengenai kota kelahiran tercinta yaitu Bojonegoro. Bojonegoro merupakan sebuah kabupaten kecil di Provinsi Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Di era kepemimpinan bupati perempuan pertama yakni ibu Anna Muawanah, Kabupaten Bojonegoro berhasil menorehkan prestasi yang sangat membanggakan. Prestasi tersebut berupa Rekor Muri Tari Thengul Bojonegoro.

Bagi sebagian orang tentu asing dengan nama tari Thengul. Oleh karena itu, gebrakan pun dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro untuk mengenalkan tari Thengul sebagai ikon daerah kepada khalayak umum dengan mengemasnya dalam sebuah event bertajuk Pergelaran Bojonegoro Thengul International Folklore Festival (TIFF) 2019 yang berlangsung Minggu (14/7/2019).

Tari Thengul merupakan tarian khas Bojonegoro yang menggambarkan wayang Thengul dan diperagakan oleh manusia dengan kostum dan tata rias muka putih serta garis hitam di rambut seperti boneka. Mereka menampilkan gerakan kaku siku pada gerakan tangan, gerakan tegas pada gerakan kepala, dilengkapi tata rias muka putih dengan cunduknya, seperti boneka, ekspresi senyumnya menampakan hubungan sosial yang akrab.

Selain berhasil menyabet rekor muri, ada hal menarik dalam festival tersebut yakni kegiatan ini diikuti pula peserta dari Bulgaria, Thailand, Poland & Mexico yang akan menunjukkan tarian tradisionalnya. Semoga event seperti ini nantinya semakin berkembang dari tahun ke tahun seperti halnya event dari daerah lain seperti Jember Fashion Carnaval (JFC) sehingga meningkatkan perkembangan Pariwisata di Kabupaten Bojonegoro.

Selain event tersebut, Bojonegoro juga memiliki beragam destinasi wisata, mulai dari wisata edukasi, wisata alam hingga wisata religi, budaya dan sejarah. Bagiamana, kamu tertarik untuk menjelajah Bojonegoro? Saya tunggu kedatangan dtraveller sekalian di Bumi Angling Darma tercinta ini. Yuk, Pinarak Bojonegoro!

Oh ya, sebagai seorang blogger, saya mempunyai keinginan untuk menjelajah sampai ke luar negeri, misalnya ke Dubai. Amiin. Ya, selama ini untuk menikmati keindahan Dubai dari media sosial. Semoga kelak, kaki ini bisa meninggalkan jejak di Kota yang sangat moderen itu. Jika saya berkesempatan berwisata ke Dubai, akan saya eksplor setiap sudutnya dan kubagikan ceritanya ke teman-teman melalui blog dan akun media sosial yang saya punya. Semoga mimpiku ini bisa terwujud. Amiin

BERITA TERKAIT
BACA JUGA