Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 23 Okt 2019 10:34 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Candi Plaosan, Monumen Cinta 2 Agama di Yogya

Yahya Apristianto
d'travelers
Foto 1 dari 5
detikTravel Community - Kamu yang merencanakan liburan ke Yogyakarta, silakan menambahkan Candi Plaosan di bucket list destinasi kalian. Inilah monumen cinta 2 agama di Yogya.

Terletak di Kabupaten Sleman bagian timur atau berbatasan langsung dengan Kota Klaten, Jawa Tengah, Candi Plaosan menjadi alternatif bagi Anda yang merasa kurang atau bosan dengan apa yang ada di Yogyakarta atau yang 'itu-itu saja'.

Terletak kira-kira satu kilometer ke arah timur-laut dari Candi Prambanan, banyak yang menyebut Candi Plaosan sebagai Candi Kembar. Di kompleksnya terdiri atas 2 Candi utama yaitu Candi Plaosan Lor (bagian utara) dan Candi Plaosan Kidul (bagian selatan).

Candi Plaosan Lor berjenis kelamin perempuan dan relief yang diukir menceritakan kehidupan perempuan pada masa lampau. Candi Plaosan Kidul berjenis kelamin laki-laki sehingga anda akan menemui relief yang menceritakan kehidupan laki-laki pada masa lampau.

Candi ini dikelilingi bongkahan batu dari reruntuhan prasasti purbakala yang menambah kesan megah bagi pengunjungnya. Candi Plaosan menjadi saksi bisu sejarah peradaban kerajaan pada masa Dinasti Syailendra, dan memiliki cerita tentang toleransi antar umat beragama.

Berdasarkan cerita sejarah, Candi Plaosan dibangun oleh Rakai Pikatan yang beragama Hindu untuk permaisurinya Pramodyawardani yang memeluk agama Buddha.

Berbeda dengan tetangganya, Candi Prambanan yang menceritakan kisah cinta bertepuk sebelah tangan, Candi kembar cantik ini mengisyaratkan kekuatan cinta yang menyatukan perbedaan.

Menurut penjaga di kompleks Candi Plaosan diadakan acara tahunan bertajuk Festival Candi Kembar yang menampilkan berbagai macam tari tradisional. Festival ini merupakan satu-satunya festival budaya skala besar yang diadakan di wilayah Klaten.

Harga tiket masuk ke Candi Plaosan hanya Rp 5.000 per orang. Tiket ini termasuk sangat murah mengingat kekayaan historitikal yang disuguhkan. Ticketing locket mulai dibuka pukul 08.00 WIB-17.00 WIB, namun pengunjung diperbolehkan menyelesaikan pemandangan indah matahari terbenam hingga pukul 18.00 WIB.

Dari Yogyakarta, Anda dapat menaiki kendaraan umum seperti minibus atau bus kota menuju Klaten (jurusan Solo) sampai di kompleks Prambanan. Dari sini, Anda dapat melanjutkan dengan ojek online dengan tarif sekitar Rp 15.000.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA