Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 06 Okt 2019 17:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Naik Kereta Melintasi Tengah-tengah Pasar

Nfadils
d'travelers
Foto 1 dari 5
Train market Samut Songkhram yang terkenal di Thailand
Train market Samut Songkhram yang terkenal di Thailand
detikTravel Community - Pasar paling ekstrem ada di Thailand. Di tengah-tengah pasarnya, ada kereta api melintas. Tut... tut... Awas!

Train Market Samut Songkhram yang terdapat di Thailand sudah cukup terkenal di seluruh dunia. Cukup unik, sebab pedagang berjulana tepat di pinggir rel kereta api, dan ketika kereta lewat, maka pedagang menutup tenda dan membiarkan barang dagangannya di pinggir rel tanpa takut dagangannya terlindas kereta.

Sudah cukup banyak artikel yang menceritakan tentang kisah menariknya pasar Samut Songkhram, namun tahukah traveler bahwa stasiun pemberangkatan dari kereta yang melintas pasar ini pun tidak kalah menarik. Stasiun pemberangkatan kereta ini bernama stasiun Maeklong, yang membutuhkan sekitar satu jam tiga puluh menit berkendara dari Bangkok untuk menuju stasiun ini.

Jika dibandingkan dengan stasiun di Indonesia memang cukup berbeda, sebab stasium Maeklong cenderung mengingatkan saya pada kondisi dan situasi stasiun di Indonesia pada zaman dulu. Jika di Indonesia untuk bisa masuk ke area peron hanya penumpang yang telah memiliki tiket, maka peron di stasiun Maeklong bisa dimasuki oleh siapa saja.

Bahkan, banyak pedagang yang masih bebas berjualan di area stasiun. Suasana di dalam stasiun menurut saya tak ubahnya menyerupai pasar pada umumnya, sebab masih banyak pedagang yang menggelar lapak di dalam stasiun, serta banyak kedai yang menempatkan meja dan kursi pengunjung sangat dekat dengan peron.

Tentu saja kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh wisatawan yang datang termasuk saya, sebab kereta yang masih menunggu penumpang dijadikan sebagai objek foto. Betapa tidak, sebab saat melintas train market, tentu kereta ini adalah objek foto utamanya.

Ternyata persoalan safety sudah sangat diperhatikan oleh pengelola stasiun dan pejabat setempat, sebab di stasiun terdapat monitor CCTV yang memantau kondisi di jalur perlintasan kereta yang dijadikan tempat berjualan para pedagang. Sebelum kereta melintas, akan ada sinyal peringatan khusus, yang membuat para pedagang merapikan barang dagangannya. Setelah jalur aman, baru kereta melintas.

Saat di stasiun, saya pun coba memasuki salah satu gerbong, dan ternyata gerbongnya jauh lebih sederhana dibandingkan dengan kereta rangkaian listrik yang biasa saya temui di Jakarta. Walau bentuknya lebih menyerupai gerbong kereta kelas ekonomi, namun gerbong keretanya tidak dilengkapi dengan pendingin udara. Sementara itu, cukup banyak juga wisatawan yang mencoba naik kereta ini sampai stasiun berikutnya, mungkin ingin merasakan sensasi melintas di area train market ya traveler.

Jika traveler ingin berkunjung ke train market, ada baiknya berangkat sepagi mungkin dari Bangkok, agar bisa mendapat kesempatan beberapa kali kereta yang sedang melintas. Namun tetap berhati-hati saat mengambil gambar ya traveler, jangan sampai mengganggu pedagang dan utamakan selalu keselamatan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA