Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 23 Agu 2019 15:52 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Taman Bunga Selecta dan Kisah Kejayaan Indonesia

Resa Noor Fauziah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pintu masuk Taman bunga Selecta
Pintu masuk Taman bunga Selecta
detikTravel Community - Kota Batu merupakan pilihan bagus untuk menyegarkan pikiran di akhir pekan. Di Desa Tulungrejo, Kota Batu ada Taman Selecta yang legendaris sejak zaman Belanda.

Taman Selecta ini didirikan pada tahun 1928 oleh seorang Belanda Fransiscus de Ruijter de Wildt. Taman ini didirikan untuk tempat beristirahat dan bersantai. Seiring berjalannya waktu, Belanda mulai menemui kekalahannya dan perlahan Taman Selecta diambil alih oleh penjajah Jepang.

Taman Selecta ini merupakan saksi perjalanan untuk kejayaan Indonesia. Presiden Soekarno kala itu sering menginap di Villa Brandarice atau sekarang dikenal dengan nama Villa Bima Sakti. Beliau sering menginap untuk merenung dan memikirkan kelangsungan negara Indonesia. Bahkan, Bung Karno dan timnya menyusun ide perjuangan hingga terlahirlah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain kisah menarik dari lahirnya proklamasi, masih ada kisah sejarah lainnya yang terjadi di tempat ini. Pada tahun 1956 menjelang konferensi KNIP (Komite Nasional Indonesia Pusat) Wakil Presiden Mohammad Hatta juga singgah di Villa Bima Sakti. Kala itu, Bung Hatta memiliki pemikiran yang luar biasa tentang perekonomian Indonesia. Beliau memiliki gagasan untuk pergerakan ekonomi di Indonesia dengan mengerahkan seluruh masyarakat Indonesia yang menjadi pemeran Utama untuk perputaran roda ekonomi. Dengan gagasan tersebut, terlahirlah koperasi yang mulai dikembangkan seluruh negeri. Koperasi ini mengusung semangat kerakyatan yang hingga kini masih dipakai oleh manajemen PT Selecta.

Di balik kedua peristiwa sejarah yang melegenda tersebut, pengunjung juga dimanjakan dengan panorama alam yang luar biasa indahnya. Harga tiket masuk Rp.25.000 di dalam Taman Selecta banyak wahana yang dapat dinikmati. Pengunjung dapat melihat keindahan Taman Selecta dari ketinggian dengan menggunakan wahana Sky Bike yang berkapasitas untuk 2 orang saja. Lalu masih ada wahana flying fox, perahu bebek, wahana menunggang kuda dan beberapa wahana yang ramah untuk anak kecil. Setelah puas mencoba seluruh wahana, jangan lewatkan untuk berfoto bersama diantara bunga-bunga cantik yang ada di Taman Selecta. Untuk menyegarkan kembali tubuh kamu, masih ada kolam renang yang lengkap dengan perosotannya.

Berwisata ke Taman Selecta merupakan Extaordinary traveling yang wajib masuk bucket list kamu. Selain kamu bisa refresh dengan segarnya udara di Taman Selecta, kamu juga menjadi bagian pelestari untuk sejarah kebangkitan Indonesia loh. Juga dengan seluruh wahana yang lengkap menambah keseruan liburanmu.

Selain berlibur di dalam negeri, Dubai wajib banget untuk jadi salah satu Dream Destination kamu. Konon katanya Dubai merupakan salah satu tempat modern yang ada di dunia, ragam kuliner serta budaya yang unik, juga keramahan penduduknya pada wisatawan asing membuat saya ingin sekali mengeksplor Dubai lebih banyak.

Layaknya Taman Selecta di Indonesia, Dubai memiliki taman yang cantik juga yaitu Miracle Garden. Bagaimana tidak, taman ini ada di taman ini seperti keajaiban yang tumbuh di tengah gurun. Taman ini dibuka pada saat musim dingin, karena pada saat musim panas suhu mencapai 52 derajat celcius dan taman akan ditutup. Jadi, jika berkunjung ke Dubai saya tidak akan melewatkan moment untuk mengunjungi Miracle Garden. Kegiatan ini pasti bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa masukan kedua destinasi tersebut di bucket list kamu ya.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA