Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 26 Agu 2019 15:09 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Rekomendasi 5 Tempat Wisata di New York

Aisa Marisa
d'travelers
Foto 1 dari 5
TIMES SQUARE - PUSAT KOTA YANG TIDAK PERNAH MATI !
TIMES SQUARE - PUSAT KOTA YANG TIDAK PERNAH MATI !
detikTravel Community - Banyak tempat ikonik dan atraksi yang bisa kamu nikmati di New York City, Amerika Serikat. Ayo bikin daftarnya supaya tidak ada yang terlewat.

Kamu pernah dengar anekdot mengenai New York City (NYC)? Ada begitu banyak ungkapan untuk kota terpadat di Amerika Serikat ini, salah satunya adalah: You will die if you not fast. Menurut saya, anekdot ini cukup tepat karena kondisi inilah yang saya temui selama berlibur di NYC. Semua pejalan kaki berjalan dengan langkah cepat dan para pengendara mobil terlihat tidak sabar. Bahkan yellow cab yang menjadi salah satu ikon kota ini juga terlihat tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Kota ini semakin terlihat padat karena banyak turis menghabiskan libur musim panas di sini, termasuk saya salah satunya. Ya! New York City memang menjadi destinasi favorit saat musim panas.

Salah satu hal yang membuat saya berkunjung ke kota ini adalah karena saya mau menonton Broadway secara langsung! Apalagi kalau bukan untuk pertunjukan The Phantom of the Opera, salah satu drama musikal terkenal yang menerima penghargaan Box Office di Majestic Theatre - Broadway Theater terbesar New York City.

Berdasarkan luas wilayahnya, New York City dikenal sebagai kota metropolitan dunia, merupakan kota yang berkembang pesat, dan sebagai pusat diplomasi internasional dengan hadirnya markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di sini. NYC merupakan kota paling beragam budayanya, maka jangan heran kalau kamu dengan mudah bisa mencicipi berbagai jenis kuliner tiap negara, termasuk Indonesia! Sepanjang jalan Queens, salah satu wilayah di NYC, terdapat deretan restoran Indonesia. Masakan rendang, nasi goreng, pempek, dan lainnya terasa otentik karena dibuat oleh orang Indonesia asli.

Banyak bangunan terkenal dan ikonik yang bisa kamu kunjungi di NYC. Karena masa liburan yang terbatas dan saya tidak mau melewatkan tempat-tempat yang wajib dikunjungi, saya menggunakan New York City PASS. NYCP memudahkan kunjungan tanpa perlu mengantre panjang dengan harga yang lebih hemat tentunya. Kamu bisa membeli tiket atraksi ini melalui online dan hanya perlu melakukan scan barcode di pintu masuk. Semua jadi lebih cepat apalagi jika kamu berlibur saat summer. Padatnya kunjungan turis perlu diwaspadai karena kalau tidak kamu akan kehilangan banyak waktu dan melewatkan momen berharga.

Tidak semua kunjungan ke bangunan ikonik memerlukan biaya. Ada beberapa tempat yang bisa kamu datangi dan nikmati secara bebas, seperti kawasan Times Square, Central Park, dan Grand Central Station. Tiga tempat ini merupakan atraksi yang paling banyak dikunjungi turis dan gratis! Kamu bisa swafoto sepuasnya di tempat hits yang sering dijadikan plot film ini. Traveling jadi hemat tanpa perlu melewatkan tempat ikonik.

Dari sekian atraksi yang saya kunjungi, beberapa diantaranya cukup berkesan untuk saya pribadi seperti The Broadway Show, The Empire State Building, The 9/11 Memorial & Museum, Times Square, The Statue of Liberty. Inilah 4 tempat yang paling direkomendasikan:

1. The Broadway Show

Ini adalah tujuan utama saya berlibur ke New York City. Sebenarnya Broadway ini bisa dinikmati di Asia seperti Singapura, namun karena saat itu saya berangkat dari Kanada, maka NYC adalah tempat yang tepat! Demi untuk menikmati broadway sepenuhnya, saya sampai menonton The Phantom of the Opera terlebih dahulu sebelum berangkat. Ini cukup membantu karena saya jadi mengerti jalan ceritanya dan hafal beberapa lagunya.

Mengunjungi pertunjukan Broadway merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan turis. Maka tidak heran semua tempat duduk terisi. Jika kamu berencana melakukan aktivitas ini, ada baiknya membeli tiket terlebih dahulu secara online. Karena tiket sudah pasti terjual habis jika kamu membeli di tempat.

Saya menonton drama musikal ini di Majestic Theatre yang merupakan broadway theatre terbesar dengan kapasitas 1.681 tempat duduk dan selalu digunakan sebagai tempat pembuatan drama musikal teater. Sedangkan The Phantom of the Opera sendiri adalah pertunjukkan terlama dalam sejarah Broadway (secara durasi produksi).

2. The Empire State Building

Kalau kamu pernah nonton film Kingkong, kamu pasti tahu gedung ini! Ya Empire State adalah gedung yang dipanjat oleh makhluk tersebut. Gedung ini merupakan ikon budaya Amerika dan banyak digunakan di lebih dari 250 acara TV dan Film sejak Kingkong tayang pada tahun 1933. Sejarah mengenai gedung ini diceritakan secara singkat melalui tayangan video sebagai bagian dari atraksi. Kegiatan yang bisa kamu nikmati di Empire State adalah melihat NYC 360 derajat dari atas observation deck yang ada di lantai 86 dan 102.

Beberapa hal yang membuat Empire State menjadi ikon kebanggaan adalah karena gedung ini pernah jadi gedung tertinggi di dunia pada tahun 1931-1970. Selain itu, Empire State merupakan salah satu US National Register of Historic Places dan US National Historic Landmark.

Untuk bisa melihat tingginya gedung ini, kamu harus menikmatinya dari The Top of The Rock. Ini merupakan observation deck yang terletak di dalam gedung Rockefeller yang sering disebut sebagai tempat terbaik menikmati panorama kota. Alasan utamanya tentu karena kita bisa melihat Empire State Building secara utuh.

3. The 9/11 Memorial & Museum

Siapa yang tidak tahu peristiwa tragis 11 September 2001? Pembajakan terhadap 2 pesawat yang dengan sengaja menabrak Twin Tower World Trade Center membuat dunia berduka. 9/11 Memorial & Museum dibangun untuk memperingati dua kejadian, yaitu serangan World Trade Center tahun 2001 yang membunuh 2.977 orang dan pengeboman World Trade Center tahun 1993 yang membunuh 6 orang.

Tempat ini terbagi ke dalam dua bagian yaitu memorial dan museum yang letaknya persis di atas tanah bekas Twin Tower. Saat masuk, kamu akan melihat banyak visual berupa foto dan benda-benda milik para korban serta perkakas bangunan yang tersisa. Selain itu banyak tayangan video pasca insiden dan rekaman testimoni dari keluarga korban. Semua terasa nyata dan bulu kuduk langsung merinding membayangkan peristiwa tersebut. Museum ini sungguh mampu menampilkan keadaan kacau balau yang terjadi saat itu termasuk mampu mengekspresikan rasa sedih dan duka mendalam bagi New York dan dunia.

Bagian memorial terletak di luar museum. Di sini terdapat kolam besar dan pada bagian sampingnya terukir 2.983 nama para korban dari dua kejadian menyedihkan.

4. Times Square

Times Square adalah surganya flash mob! Kapanpun kamu berkunjung, bisa dipastikan mata kamu akan dipuaskan dengan atraksi seperti lamaran, tarian, iklan berjalan, dan lain sebagainya. Times Square memang tempat yang tepat menikmati indahnya kota karena selalu dipenuhi cahaya cantik dan gemerlap dari papan-papan reklame raksasa.

Times Square merupakan area pejalan kaki terramai dan tersibuk di dunia serta menjadi atraksi paling banyak dikunjungi turis di seluruh dunia. Kamu hanya perlu mencari spot terbaik untuk duduk atau berdiri dan menikmati atraksi yang ditampilkan di tengah Times Square. Times Square juga dipenuhi dengan tempat belanja dan restoran, namun perhatikan budget kamu karena harga tenant di Times Square sedikit lebih mahal mengingat letaknya yang ada di pusat kota.

5. The Statue of Liberty

Ikon yang satu ini tentu tidak boleh dilewatkan kalau kamu berkunjung ke NYC. Patung Liberty merupakan simbol kemerdekaan dari perbudakan dan menjadi Patung Selamat Datang menyambut kedatangan para imigran. Patung ini terletak di Liberty Island yang posisinya ada di tengah teluk. Jadi untuk mencapai tempat ini kamu harus naik feri.

Walaupun 1 kapal feri bisa menampung banyak penumpang dalam sekali waktu namun kamu  tetap harus sabar mengantri terutama jika kamu berkunjung saat weekend. Inilah yang terjadi pada saya karena atraksi ini saya lakukan di hari minggu. Waktu saya cukup tersita di antrean kapal feri sehingga saya hanya punya sedikit waktu di Liberty Island. Selain itu kapal feri memiliki jam operasional terbatas sehingga saya tidak bisa menikmati semua atraksi karena takut ketinggalan penjemputan feri terakhir.

Saya sedikit menyesal karena berangkat dari kota sudah terlalu siang. Jadi untuk kamu yang mau ke Liberty Island, ada baiknya berangkat sepagi mungkin supaya bisa puas menikmati semua atraksi. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan di sini adalah mempelajari sejarah Liberty Island termasuk mengeksplorasi museumnya, masuk ke dalam Patung Liberty dan naik hingga ke bagian mahkotanya untuk menikmati panorama New York, atau sekedar duduk bersantai di atas hamparan rumput hijau.

Walaupun ada rasa sedih minimal saya sudah bisa menyeberang ke pulau ini dan menikmati The Statue of Liberty dari dekat. Seminggu rasanya kurang bagi saya untuk menjelajahi kota ini. Saya berharap bisa kembali lagi ke NYC saat winter. Saya mau menikmati White Christmas di Times Square dengan alunan Natal yang membahana seperti yang digambarkan film-film Natal.

Oh ya! Traveling saya ke New York City menjadi salah satu petualangan yang luar biasa, alasannya karena budget saya terbatas. Situasi ini membuat saya belajar mengatur keuangan dengan bijak tanpa mengurangi sedikit pun esensi bahagia saat melakukan perjalanan. Jadi jangan takut melakukan traveling jika budgetmu terbatas. Asal kamu bijak dan tahu informasi atraksi gratis, kamu tetap bisa punya pengalaman traveling luar biasa seperti saya.

Di sisa tahun 2019 ini saya berencana traveling ke Thailand dan Dubai! Kenapa Dubai ? Karena saya mau menambah pengalaman traveling luar biasa hingga ke Uni Emirat Arab. Saya ingin sekali mengeksplorasi perairan Dubai, seperti mengunjungi Winding Canals at Madinat Jumeirah, Bustling Waterways at Dubai Creek, The Heart of The City at Dubai Water Canal, Modern Skyline Views at Dubai Marina and Sail along the Coast at Arabian Gulf. Keindahan laut Dubai yang sudah tidak diragukan menarik saya untuk bisa menikmatinya secara langsung.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA