Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Agu 2019 10:41 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Spot Foto yang Tak Boleh Dilewatkan di Candi Prambanan

Efa_butarbutar
d'travelers
Foto 4 dari 5
Bidiklah foto dari bawah untuk menampilkan kemegahan Candi | Foto: Dokumentasi Pribadi
Bidiklah foto dari bawah untuk menampilkan kemegahan Candi | Foto: Dokumentasi Pribadi
detikTravel Community -

Namanya juga liburan, pasti kurang lengkap kalau belum foto-foto. Ini beberapa spot foto yang tak boleh dilewatkan kalau kamu liburan ke Candi Prambanan.

Selain merajut memori, melepas letih yang sudah menggunung, memahami hal-hal baru, berlibur juga dapat menjadi salah satu ajang untuk koleksi foto apik.

Nah, kali ini, tempat yang kusambangi adalah DI Yogyakarta. Tentu salah satu objek wisata yang harus dikunjungi adalah situs warisan dunia UNESCO, Candi Prambanan.

Tiket masuk untuk mengitari hanya Candi Prambanan saja sebesar Rp 40.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak serta harga berbeda untuk wisatawan mancanegara.

Cantiknya Setiap Sudut Candi Prambanan

Tidak heran jika Candi Prambanan masuk sebagai salah satu situs warisan dunia UNESCO. Tempat ini bagusss sekali. Bahkan hingga saat ini aku masih kagum bagaimana orang-orang di masa lampau bisa berhasil membuat keindahan yang tetap bisa dinikmati bahkan oleh generasi sekarang dengan bahan bebatuan yang sebegitu besar dan sebegitu kokohnya.

Sayang, keindahan ini sempat ditelantarkan. Beberapa sebabnya kemungkinan akibat letusan hebat gunung merapi yang menjulang sekitar 20 KM Utara Candi Prambanan dan kemungkinan lain adalah peperangan dan perebutan kekuasaan. Sejak itu, pelan-pelan Candi ini mulai rusak dan runtuh sebelum kembali dilakukan pemugaran.

Meski sudah dilakukan pemugaran, di beberapa sudut candi masih jelas bertebaran reruntuhan. Dan yaaa, tahukah kamuu, bahwa reruntuhan ini entah kenapa justeru menjadi daya tarik tersendiri? Apalagi kalau urusannya adalah spot foto.

Untuk itu, berdasarkan hasil mengitari seluruh sudut Candi Prambanan, maka berikut adalah beberapa spot foto yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke sana:

1. Tulisan Prambanan beberapa Meter dari Pintu Masuk

Selain puncak Prambanan dari kejauhan untuk menghiasi lini masa media sosialmu, boleh,lho, mengabadikan foto di depan tulisan ini. Selain menunjukkan destinasi wisata yang sedang kamu kunjungi, latar belakangnya yang langsung mengarah ke Candi juga akan membuat hasil jepretanmu tampak lebih ciamik. Coba saja!

2. Berada di antara Reruntuhan Batu


Bukan bermaksud reruntuhan batu Candi Prambanan adalah kabar baik untuk pengunjung, bukan. Akan jauh lebih baik jika kondisi bebatuan tersebut dikembalikan seperti sediakala. Namun, karena saat berkunjung masih ada banyak reruntuhan batu, maka berada di antara reruntuhan tersebut terlihat seperti kita sedang dibawa ke zaman dahulu. Warna monokrom, hijau sebuah taman, dan tanah berwarna coklat dengan tanaman mengering yang dibuat oleh manusia menjadi jalur sebuah jalan menuju ke suatu tempat. Unik sekali.

3. Di tengah-tengah Bangunan Candi

Jangan ragu untuk berdiri di tengah-tengah Candi saat sepi. Ukiran yang beragam di bebatuan, sisa-sisa sinar matahari yang tak seluruhnya mampu tertutup Candi di tengah bangunan, serta sedikit sentuhan perpaduan biru dan putih langit. Cantik!

4. Tangga Menuju Pintu Keluar

Berdirilah di tangga dan meminta tolonglah pada salah seorang temanmu, katakan mereka untuk turun lebih dahulu dan bidiklah foto dari bawah. Biarkan candi terlihat menjulang tinggi dengan megahnya dengan dirimu sebagai model yang sedang membanggakan salah satu objek wisata yang paling memukau di dunia.

5. Reruntuhan Batu Tak Jauh dari Pintu Keluar


Sebelum meninggalkan Candi, tak jauh dari pintu keluar, masih ada setumpuk reruntuhan batu dengan Candi sebagai latar belakangnya. Posisikan diri sedemikian rupa dan bergayalah. Dari tumpukan reruntuhan batu tersebut, fotomu akan terlihat seperti sebuah jalan besar dengan candi-candi cantik di sisi kiri dan kanannya sebagai gerbang perjalananmu. Indah sekali.

Seperti itulah Candi Prambanan. Hanya di satu tempat ini, pengunjung bisa memiliki ratusan foto yang memukau. Hal yang sama ingin sekali kurasakan di kejauhan sana. Di suatu tempat yang bernama Dubai. Tempat-tempat fantastis untuk menghasilkan banyak sekali foto yang menyenangkan untuk dikenang di masa mendatang.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA