Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 03 Sep 2019 13:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mau Lihat Lumba-lumba? Pantai Kiluan Tempatnya

Atie Dharma
d'travelers
Foto 1 dari 5
kiluan beach
kiluan beach
detikTravel Community - Lampung bukan cuma punya Pahawang. Di sana ada Pantai Kiluan yang sering dikunjungi oleh lumba-lumba.

Berani berwisata ekstrim? Ke Kiluan Beach, Tanggamus, Lampung tempatnya. Dimulai dari perjalanan menuju ke sana, kita bakal merasakan adrenalin rush.

Jalan yang berkelok-kelok nan curam, seakan tak kunjung selesai. Namun suguhan hamparan alam nan indah disetiap sisi jalan mengurangi adrenalin rush yang saya rasakan. Butuh 5 jam berkendara jika kita bertolak dari Bandar Lampung.

Kiluan Beach disebut juga Dolphin Bay karena disana bisa kita temui gerombolan Lumba-Lumba liar di laut lepas. Inilah pengalaman ekstrim yang paling ditunggu. Butuh nyali gede untuk bisa sampai ke lokasi Lumba-Lumba itu berada.

Matahari belum menampakan sinarnya ketika saya berangkat meninggalkan teluk. Jika kita melihat peta pulau Sumatera, lokasi Kiluan Beach tepat berada tepat di Teluk Kiluan. Akan tetapi lokasi Lumba-Lumba berada bukanlah di dalam teluk melainkan di luarnya.

Perahu yang mengantar saya disebut perahu jukung. Perahu terbuat dari kayu yang dipahat. Perahu  ini hanya muat 3 orang dengan tambahan seorang nelayan lokal yang menemani. Awalnya air laut terliat tenang. Tapi semakin perahu jukung memasuki lautan lepas, ombak kian terasa mengombang ambingkan perahu.

Perahu berjalan dengan menabrak ombak yang meninggi. Bahkan warna air laut dibawah perahu saya tampak biru kehitaman. Tapi keinginan untuk melihat gerombolan lumba-lumba di habitatnya membakar keberanian saya.

Usai diayun ombak selama satu jam, tibalah saya di lokasi Lumba-Lumba berada. Mamalia cantik itu berlompatan diantara ombak, banyak jumlahnya. Lumba-Lumba itu sesukanya berlompatan di sekitar perahu. Sungguh pemandangan yang jarang ditemui.

Saya juga punya angan-angan uji nyali di Dubai. Setahu saya ada 8-10 wisata ektrim di Dubai. Salah satunya skydiving. Pasti butuh nyali gede untuk bisa melihat Palm Jumeirah, Pulau Dheira dan Palm Jebel Ali dari ketinggian 14.000 kaki diatas permukaan laut. Saya juga membayangkan berekstrim ria di Zip Lining yang berlokasi The Dubai Fountain. Mungkin jantung berasa mau copot. Tapi pasti sangat seru. Semoga impian saya bisa terwujud.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA