Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 05 Sep 2019 15:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Danau Vulkanik Terbesar Sedunia dari Indonesia

Foto 4 dari 5
Danau Toba di siang yang cerah.
Danau Toba di siang yang cerah.
detikTravel Community - Inilah Danau Toba di Sumatera Utara yang indah. Tahukah kamu, Danau Toba nyatanya merupakan danau vulkanik terbesar sedunia.

Danau Toba merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau yang terletak di Sumatera Utara ini terbentuk dari gunung purba raksasa yang meletus puluhan ribu tahun lalu. Kawahnya kemudian menjadi danau dengan sebuah pulau yang berada di tengahnya. Pulau itu adalah Pulau Samosir. Hal ini menjadikan Danau Toba menjadi danau yang unik dan indah.

Danau Toba membentang luas dan terdapat tujuh kabupaten yang dicapai perairannya. Tujuh kabupaten itu adalah Kabupaten Simalungun, Kabupaten Tobasa (Toba Samosir), Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Humbang Hasundutan, Kabupaten Dairi, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Samosir. Penduduk yang menempati kabupaten tersebut mayoritas adalah suku Batak.

Danau Toba merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sumatera Utara.Jadi, untuk menuju Danau Toba dapat dicapai dari berbagai alternatif, tergantung darimana traveler ingin mengaksesnya. Misalnya, jika traveler melalui Kabupaten Simalungun, dari ibukotanya yakni Pematang Raya, dengan menggunakan mobil akan sampai sekitar 60 menit ke Danau Toba. Danau Toba dikelilingi perbukitan dan hutan termasuk hutan lindung. Karena terletak di dataran tinggi, terkadang Danau Toba ditutupi kabut. Tapi jika cuaca sedang cerah, maka keindahan yang mempesona akan terlihat.

Air danau yang biru memantulkan birunya langit dan hijaunya perbukitan menambah suasana sejuk. Berbagai festival pun kerap dilaksanakan di Danau Toba. Salah satu festival terbesar adalah Festival Danau Toba yang akan menampilkan berbagai budaya baik musik, tarian, makanan, permainan tradisional, dan masih banyak lainnya. Bahkan penyanyi-penyanyi terkenal keturunan Batak biasa ditampilkan saat festival ini. Danau Toba pun menjadi sumber mata pencarian bagi masyarakat yang mendiami pesisirnya.

Kebanyakan dari mereka adalah nelayan dan pembudidaya ikan dengan tambak. Selain itu, mereka juga bertani, dan ada juga yang bergelut dalam bidang wisata dengan membuka tempat kuliner, tempat wisata, penginapan, dan lain sebagainya.Jika ke Danau Toba, jangan lupa menikmati ikan arsik yang dijual di tempat-tempat makan di sekitar pesisirnya.

Ikan arsik merupakan makanan khas masyarakat lokal yang terdiri dari ikan mas atau ikan nila yang akan direbus bersama berbagai bumbu seperti andaliman, cabai, bawang merah, bawang putih, bawang batak, lada, kemiri, kecombrang, dan bumbu lainnya. Masyarakat lokal di sana sangat menyukai masakan kaya bumbu dan tidak pelit memberikan bumbu yang melimpah dalam masakannya.

Nikmati juga kopi khas tanah Batak dan jajanan lokal seperti ombus-ombus maupun lappet yang sudah turun-temurum menjadi bagian hidup masyarakat lokal. Jika sedang musimnya, akan banyak penjual mangga dan durian di sepanjang jalan, tentunya dengan harga yang terjangkau sekalipun berada di kawasan wisata.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA