Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Sep 2019 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Satu Hari di Melaka, Bisa ke Mana Saja?

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Christ Church, gereja protestan tertua di Malaysia
Christ Church, gereja protestan tertua di Malaysia
detikTravel Community - Tak jauh dari Kuala Lumpur, inilah Melaka salah satu tempat wisata di Malaysia. Seharian di sana, bisa ke mana saja ya?

Karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Kuala Lumpur, tidak heran Melaka menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Malaysia. Melaka merupakan sebuah Negara Bagian Malaysia yang berjarak hanya sekitar 2 jam perjalanan darat dari Kuala Lumpur.

Melaka telah dinobatkan sebagai World Heritage oleh UNESCO sejak tahun 2008. Beribukota di Malacca city, Melaka kental dengan peninggalan gedung-gedung berarsitektur gaya Eropa karena di tahun 1511, Melaka berada di bawah kekuasaan Portugis dan di tahun 1753, Melaka berada di bawah kekuasaan Belanda.

Kemudian, Melaka jatuh ke tangan Inggris pada tahun 1824 sebelum diduduki oleh Jepang pada tahun 1942. Karena kotanya tidak terlalu luas, berikut rekomendasi tempat yang bisa d'traveler eksplor dalam waktu satu hari. Dan tentu saja, bisa dilakukan dengan berjalan kaki.

1. Christ Church

Merupakan gereja dengan warna merah khasnya. Selesai dibangun Belanda tahun 1753, gereja yang tidak terlalu besar ini terletak di pusat kota Melaka, Dutch Square.

2. Stadthuys

Bangunan yang dibangun pada tahun 1650 di masa kolonial Belanda. Merupakan pusat administratif, kantor Gubernur Belanda. Saat ini bangunan yang juga terletak di dekat Clock Tower ini dijadikan sebagai History and Ethnography Museum.

3. St Paul Church

Didirikan pada tahun 1521 oleh bangsa Portugis, St Paul Church merupakan gereja tertua tidak hanya di Malaysia, juga di Asia Tenggara. Terletak di atas bukit St Paul, kita harus menaiki tangga untuk mencapainya. Namun sesampainya di atas, ternyata sisa St Paul Church ini dikelilingi oleh pohon rindang sehingga wisatawan bisa melepas lelah sambil mendengarkan alunan musik dari pemusik lokal.

4. A Famosa

Dikenal juga dengan nama The Porta De Santiago, bangunan ini merupakan salah satu dari sedikit peninggalan arsitektur Eropa yang tersisa di Benua Asia. A Famosa didirikan atas perintah Alfonso de Albuquerque pada tahun 1511. Benteng ini bertujuan untuk mengkonsolidasi keuntungan yang didapat setelah mengalahkan tentara Sultan Melaka.

5. Jonker Street
Merupakan jalan di Chinatownnya Melaka. Di akhir pekan (jumat, sabtu dan minggu) jalannya ditutup untuk kendaraan mulai jam 6 sore dan dijadikan pasar malam. Berbagai macam pernak-pernik, makanan dan minuman ringan beraneka ragam bisa kita nikmati disini. Seru banget!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA