Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 13 Sep 2019 12:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

A Famosa, Benteng Peninggalan Tiga Bangsa

titry frilyani
d'travelers
Foto 1 dari 5
Tampak depan sisa dari A Famosa
Tampak depan sisa dari A Famosa
detikTravel Community - Menyusuri Melaka, jangan lupa singgah ke jejak sejarah yang satu ini. Inilah A Famosa.

A Famosa. Para wisatawan yang berkunjung ke Melaka biasanya tak akan melewatkan untuk mengunjungi benteng ini.

Dibangun pada tahun 1511 oleh Alfonso de Albuquerque, pemimpin yang melakukan invasi ke Kesultanan Melaka, A Famosa merupakan salah satu bangunan tertua Eropa yang masih bertahan di Asia.

A Famosa berada di sebelah Istana Kesultanan di Jalan Kota. Jika kita mengunjungi St Paul Church, dengan menuruni bukit, kita akan sampai di benteng yang dulunya terbentang di sepanjang lereng bukit. Namun saat ini, benteng ini hanya tersisa gerbangnya saja (Porta de Santiago).


Sejak pendudukan Portugis di Melaka pada tahun 1511, Alfonso de Albuquerque mempekerjakan 1500 orang buruh untuk membangun A Famosa sebagai benteng pertahanan dari invasi luar. Benteng ini merupakan tempat administrasi Portugis, terdapat juga rumah sakit, gereja, empat menara inti, juga benteng yang memanjang.


Belanda mengambil alih benteng ini pada tahun 1641, dan bagian yang tersisa saat ini adalah bagian dari renovasi yang dilakukan oleh Belanda di tahun 1670.


Setelah Belanda, Melaka dikuasai oleh Inggris pada awal abad ke-16. Khawatir jatuh ke tangan musuh, Inggris memutuskan untuk menghancurkan benteng ini. Namun berkat Sir Stamford Raffles yang mengunjungi Melaka tahun 1810 dan tepat waktu sebelum semua bangunan dihancurkan, benteng ini masih menyisakan sebuah gerbang kecil yang bisa kita lihat saat ini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA