Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Sep 2019 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sayang, Pulau Elok di Madura Ini Belum Disentuh Pembangunannya

Banie_kiswanto
d'travelers
Foto 1 dari 5
Usaha kerupuk ikan dari Pulau Sapudi, Sumenep, Madura
Usaha kerupuk ikan dari Pulau Sapudi, Sumenep, Madura
detikTravel Community -

Pulau Sapudi masih minim fasilitas bagi wisawatan. Mulai dari hotel maupun peralatan menyelam dan beberapa ruas jalan berupa tanah berbatu.

Perjalanan yang ditempuh cukup jauh dari Situbondo, tepatnya Pelabuhan Jangkar harus menyeberangi lautan selama 7 jam dari pelabuhan tersebut menuju Pulau Sapudi, pulau yang terkenal dengan sapi kerapnya.

Selain kearifan lokal yang dapat kalian rasakan, di pulau tersebut bisa dikunjungi pantai dan daerah tebing yang membentuk ukiran yang berundak-rundak. Memang tebing tersebut buatan masyarakat lokal dengan penggalian batu kapur sepanjang tebing Pulau Sapundi tepatnya di Kecamatan Gayam, Desa Prambanan.

Tiket penyeberangan dikenakan biaya sekitar Rp 30.000 untuk kapal fery dari Pelabuhan Jangkar, sementara jika keberangkatan perahu dari Kalianget maupun Dunke dikenakan tarif sebesar Rp 45.000 sudah termasuk tarif tarik perahu atau perahu transit. Sebaiknya perjalanan dari Sumenep dimulai pada pagi hari dengan perhitungan ombak yang tidak terlalu besar.

Karena, sering sekali perahu mengalami mati mesin akibat ombak yang tinggi di Perairan Masalembu, Sumenep. Namun sayang fasilitas penginapan hanya tersedia di Kota Sumenep saja, sementara di Kalianget maupun Dunke belum tersedia fasilitas penginapan yang memadai. Untuk di Pelabuhan Jangkar kalian bisa menginap di sekitar Pelabuhan atau di dekat Alun-alun Asembagus, Situbondo. Harga yang dikenakan sekitar Rp 200.000 per malamnya di wilayah Pelabuhan Jangkar.

Jika keberangkatan dari Pelabuhan Jangkar diharapkan koordinasi dengan kepala pelabuhan untuk mengetahui jadwal keberangkatan kapal ke Pulau Sapudi, Sumenep. Bila keberangkatan dari Pelabuhan Jangkar, kalian jangan lupa untuk singgah dengan kuliner di Rumah Makan Srikandi.

Di sini kalian bisa memesan menu khas Situbondo, tempat rekomended banget di wilayah itu. Selain itu, tempat makan ini sempat disinggahi oleh putra dari Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Harga relatif murah dan nyaman menjadi target dalam pemenuhan perut Anda jika lapar. Es tape juga mantap untuk menghilangkan dahaga siang hari karena amat panas di wilayah itu.

Perekonomian masyarakat akan terbantu dengan adanya wisatawan yang masuk ke wilayah tersebut jika fasilitas sudah memadahi di pulau itu. Masyarakat di Pulau Sapudi pekerjaan mayoritasnya didominasi dengan pembuatan kerupuk ikan.

Kerupuk ikan dari Pulau Sapudi telah mencapai penjualan di wilayah Jawa Timur. Bahkan beberapa pekan lalu mencapai luar negeri karena dibawa TKI yang bekerja di Arab Saudi, Hongkong, Taiwan dan lain-lain.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA