Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 25 Mar 2020 17:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Masjid Boyolali Unik dengan Arsitektur Jawa Banget dan Ramah Disabilitas

anni rohimah
d'travelers
Foto 1 dari 5
Tampak luar Masjid Ageng Boyolali
Tampak luar Masjid Ageng Boyolali
detikTravel Community -

Traveler yang berkunjung ke Boyolali, Jawa Tengah patut mampir ke Masjid kebanggaan Boyolali ini. Masjidnya unik dengan arsitektur jawa kental.

Lokasi masjid itu ada di pusat pemerintahan Boyolali, tidak jauh dari alun-alun kidul atau alun-alun selatan. Tempatnya bisa dijangkau dari arah jalan raya Solo-Semarang, maupun arah jalan alternatif Jogja-Semarang.

Masjid ini memiliki arsitektur khas Jawa yang unik. Pintu terbuat dari kayu yang berhias aksen ukiran cantik. Di ujung masjid terdapat bedug yang berukuran besar.

Baca Juga: Nostalgia Kemerdekaan di Puncak Prau

Di dekatnya, ada kentongan berukuran raksasa. Kentongan itu diletakkan di kayu pigura yang berhias ukiran khas Jawa. Di dalam masjid terdapat kaligrafi yang juga berhiaskan ukiran cantik. Hiasan yang berada di langit-langit masjid juga unik.

Tidak perlu khawatir dengan area parkir. Masjid ini memiliki area parkir yang luas, baik di depan maupun di samping masjid. Fasilitas untuk jamaah juga lengkap, seperti tempat wudlu, dan toilet. Adapula jalan atau jalur untuk pengguna kursi roda.

Tempat wudlu dan toilet sangat bersih dan rapi. Bagi jamaah wanita, tersedia mukena yang memadai dan bersih. Jika akan membaca Al Quran sambil bersistirahat, bisa meminjam Al Quran yang ada di masjid.

Setelah solat atau sambil menunggu waktu solat, traveller bisa menikmati jajanan traditional yang banyak dijajakan di depan masjid. Jika malam tiba, area sekitar masjid ramai oleh pengunjung yang menikmati aneka hiburan seperti sepeda hias, mobil hias, dan permainan anak-anak.

Baca Juga: Makan Enak dan View Yahud di Kampung Laut Semarang Waktu Itu

BERITA TERKAIT
BACA JUGA