Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 20 Sep 2019 11:44 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengintip House of Sampoerna

Tri Wahyuni
d'travelers
Foto 1 dari 5
Salah Satu Master Piece di House Of Samporna. Toko Pertama Pendiri
Salah Satu Master Piece di House Of Samporna. Toko Pertama Pendiri
detikTravel Community - Jalan-jalan ke Kota Pahlawan selalu menarik hati. Yang bisa kamu kunjungi di sana adalah House of Sampoerna yang mengedukasi.

Berbicara tentang Kota Pahlawan, Surabaya sepertinya gak akan habisnya. Mulai dari wisatanya sejarah, kuliner hingga wisata edukasinya. Setelah puas mengelilingi kota Surabaya dari sisi historisnya gak ada salahnya kita mengunjungi salah satu objek wisata edukasi yang satu ini.

Museum Sampoerna adalah salah satunya. Museum ini biasa disebut House Of Sampoerna terletak di Krembangan Utara Kecamatan Pabean Kota Surabaya. Gaya arsitekturnya kental akan nuansa Kolonial Belanda.

Bangunan ini dahulunya dalah rumah dari pemilik perusahaan kretek pertama di Indonesia. Bangunan ini dibangun sekitar tahun 1862, dan sebelum dibeli oleh Liem Seeng (Pendiri Sampoerna) bangunan ini dahulunya adalah sebuah panti Asuhan.

Bangunan ini terdiri dari dua lantai, dibagian bawah merupakan tempat koleksi pribadi pemilik, sedangkan dilantai atas merupakan tempat produksi yang masih aktif.

Disini pengunjung dapat melihat koleksi pribadi pemilik, dan sejarah perusaah kretek Sampoerna. Diceritakan pula sejarah berdirinya perusahaan Sampoerna mulai dari bisnis pertama pendiri yang berupa warung kelontong hingga Liem Seeng mendirikan pabrik Kretek yang sangat terkenal hingga sekarang.

Pada hari-hari tertentu kita juga bisa menyaksikan langsung pembuatan kretek yang masih dilakukan secara tradisional. Kita dapat juga melihat secara langsung bahan baku yang digunakan.

Bagi yang tidak terlalu suka dengan aroma tembakau mungkin akan sedikit pusing. Di lokasi ini juga terdapat mobil Putera Sampoerna yang masih terawat dengan baik hingga saat ini. Museum ditata sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa mengetahui secara detil sejarah Kretek Indonesia.

Sedangkan diluar Museum merupakan tempat berhentinya Surabaya Heritage Track ini adalah bus wisata yang melayani wisatawan berkeliling Surabaya secara gratis. Namun yang harus diingat jika ingin menggunakan layanan ini kita harus mendaftar terlebih dahulu karena jumlah pengunjung yang bisa menggunakan SHT ini sangat terbatas.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA