Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 30 Okt 2019 11:33 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengintip Kuil Hindu Tertua di Medan

Ica Sentya dEwi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pintu Masuk Kuil Shri Mariamman
Pintu Masuk Kuil Shri Mariamman
detikTravel Community - Di kota Medan terdapat tempat yang dijuluki 'The Little India'. Di sana terdapat kuil yang konon tertua di Medan.

Kampung Madras di sekitaran Jl. Teuku Umar, Jl. Zainul Arifin, Sun Plaza medan dan sekitar nya dijuluki Little India karena di sini mayoritas penduduk nya beragama Hindu India Tamil. Di sini juga terdapat Kuil Agung bernama Shri Mariaman yang menjadi kebanggaan warga Madras Hulu.

Pada hari- hari keagamaan Hindu seperti perayaan Deepavali dan Thaipusam di daerah ini menjadi sangat padat karna disini lah pusat perayaannya dan menjadi destinasi wisata rohani bagi warga hindu di Medan.

1. Sejarah Kuil

Kuil Shri Mariamman ini dibagun pada tahun 1884 Masehi, terletak di Jl.Teuku Umar No. 18, Kel. Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. Kuil ini juga dijadikan bukti sejarah kehadiran warga keturunan India di Kota Medan.

Kuil ini juga merupakan kuil Hindu tertua di kota Medan dan berfungsi sebagai tempat beribadah untuk memuja Dewi Mariamman, jadi tak heran jika nama kuil ini di ambil dari salah satu nama Dewi yakni Shri Mariamman. Dahulu kuil ini dibangun oleh seorang pemuda India Tamil bernama Gurdhuara Sahib yang merupakan pekerja di perusahaan perkebunan tembakau yang ada di Sumatera Utara.



2. Arsitektur Kuil

Ketika kita masuk ke kuil melalui gerbang depan kita akan langsung menemukan dua patung Dewa Shiwa di depan pintu masuk. Lalu di bagian atas pintu dan si sisi kanan-kiri pintu kuil terdapat patung Tuwarsakti yaitu penjaga Dewi Shri Mariamman yang berparas cantik. Yang unik dari patung dewi ini ada pada keempat tangannya yang bersenjatakan trisula, gada, dan pasa.

Dibagian dalam ruangan kuil juga dilengkapi tiga tempat pemujaan. Ketiga tempat yang menjadi lokasi utama pemujaan, dilengkapi satu patung, masing-masing patung Shri Maha Visnu, Siva, dan Brahmana. Kuil ini memiliki gaya arsitektur Dravidia yang khas India, bangunan kuil ini juga memiliki banyak relief dan patung-patung. Patung tersebut juga menggambarkan kehidupan umat Hindu pada zaman dahulu.

Untuk munuju kuil ini sangat mudah ada beberapa angkot di medan yang melewati rute kampung Madras ini seperti Angkot 64 kuning dari Amplas, angkot 10 kuning dari aksara, jika kamu ingin lebih mudah, saat ini sudah banyak ojek/taksi online, tinggal kamu pesan untuk menuju kuil Shri Mariamman.

Di Kuil ini tidak dipungut biaya masuk, hanya saja kita harus menghormati umat Hindu yang sedang beribadah seperti melepaskan alas kaki ketika masuk, kemudian menjaga suara agar yang beribadah tetap hikmat. Kuil ini buka setiap hari sejak pukul 06.00- 12.00 Wib. Tutup ketika tengah hari dan akan dibuka kembali pukul 16.00-20.00 Wib.





BERITA TERKAIT
BACA JUGA