Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 13 Okt 2019 11:25 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Pulau Paling Utara di Kepulauan Seribu

Foto 1 dari 5
Pulau Sebira di paling Utara Kepulauan Seribu
Pulau Sebira di paling Utara Kepulauan Seribu
detikTravel Community -

Kepulauan Seribu bisa jadi opsi destinasi untuk menghabiskan weekend. Coba mampir ke Pulau Sebira yang paling Utara di Kepulauan Seribu.

Pulau Jaga Utara merupakan nama lain dari Pulau Sebira. Pulau Sebira merupakan pulau paling utara di Kepulauan Seribu yang masih dalam provinsi DKI Jakarta. Dengan luas sekitar 8 ha pulau ini dihuni oleh sekitar 100-an kepala keluarga, mayoritas warga Pulau Sebira adalah Suku Bugis.

Penduduk Pulau Sebira sangat ramah dan hangat dalam menyambut setiap pelancong yang datang berwisata. Untuk berwisata ke Pulau Sebira kita bisa mengunakan kapal cepat dari dishub DKI dengan jadwal pemberangkatan setiap hari pukul 09.00 dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke. Sedangkan jadwal kapal dari Pulau Sebira ke Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke setiap hari pukul 13.00.

Bagi teman teman yang ingin mengunjungi Pulau Sebira dapat membeli tiket di Pelabuhan Kali Adem, loketnya sendiri dibuka mulai pukul 08.00 dengan harga tiket Rp 74.000 untuk sekali jalan. Datanglah lebih pagi untuk mengantre tiket karena Dishub DKI hanya menjual tiket sebanyak tempat duduk yang tersedia di kapal.

Waktu tempuh dari Pelabuhan Kali Adem ke Pulau Sebira kurang lebih selama 2,5 jam, tergantung dari kondisi cuaca serta lamanya kapal bersandar di Pulau Kelapa (Rute III dari Muara Angke ke Pulau Kelapa dilanjutkan ke Pulau Sebira). Pulau Sebira belum memiliki homestay untuk menginap, tapi para wisatawan tidak perlu risau karena kita bisa menyewa kamar milik penduduk lokal yang ramah dan bersahabat dengan wisatawan.

Di Pulau Sebira terdapat mercusuar yang cukup tua. Di atas pintu mercusuar terdapat tulisan berbahasa Belanda serta penanda tahun yang tertulis 1869. Mercusuar ini sampai sekarang masih berfungsi dan terawat dengan cukup baik. Karena letaknya di ujung utara Kepulauan Seribu, membuat pulau ini relatif sepi dari wisatawan serta masih memiliki laut yang sangat bersih.

Selain bersnorkling kita bisa bersantai dan berkunjung ke pusat penangkaran serta konservasi penyu. Jika hobi memancing, pulau ini juga tidak boleh dilewatkan. Penduduk sekitar menuturkan, adanya kapal dari Dishub DKI yang rutin setiap hari cukup banyak mendatangkan para pelancong yang hobi memancing, terlebih di akhir pekan.

Pengunjung yang hobi mancing sudah menyiapan peralatannya di pinggir pelabuhan untuk memancing. Tidak perlu menyewa kapal untuk pergi ke area yang dalam, di pingggir pelabuhan pun bisa mendapatkan ikan-ikan yang cukup besar.

Jika lapar? Tenang, sudah banyak tersedia warung yang menyediakan makanan untuk bersantap maupun mie instan. Yang tidak boleh dilupakan, jangan lupa mengunjungi 'pohon galau,' pohon yang tumbuh menyendiri ke arah lautan.

Jika beruntung serta cuaca cerah, pemandangan matahari terbenam di pohon galau ini sangat cantik. Ayo tunggu apa lagi? Yuk kita kunjungi Pulau Jaga Utara di Kepulauan Seribu.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA