Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Nov 2019 14:53 WIB

D'TRAVELERS STORIES

4 Spot Cantik Di Kashmir, Wilayah Bersalju di Asia

Aranty
d'travelers
Foto 4 dari 5
Cantiknya Pari Mahal / Istana Peri
Cantiknya Pari Mahal / Istana Peri
detikTravel Community - Eropa boleh saja memiliki pemandangan saljunya yang menawan. Namun jangan salah, Asia juga punya pemandangan yang nggak kalah dengan Eropa.

Traveler tau tidak? Kalau salah satu pemandangan salju yang menakjubkan bisa kita jumpai di Asia, tepatnya di Kashmir yang terletak di bagian India Utara. Kashmir sering disebut-sebut sebagai serpihan surga di bumi.

Konon saking cantiknya, ketika ada di Kashmir dan menyaksikan keindahan alamnya, Kaisar Mughal keempat Jahangir berseru, "Jika ada surga di bumi, disinilah tempatnya. Terletak di pegunungan Himalaya dengan mayoritas penduduknya beragama muslim, Kashmir menyimpan banyak pesona alam yang memukau. Bahkan kecantikan Kashmir sudah terlihat sesaat sebelum mendarat di Bandara Srinagar.

Kashmir dinilai sangat berharga dan menjadi rebutan antara India dan Pakistan, serta  menjadi sumber konflik selama puluhan tahun. Jangan heran jika mengunjungi Kashmir maka akan terlihat banyak tentara lengkap dengan persenjataannya.

Tentara-tentara dengan senjata laras panjangnya berseliweran di sepanjang jalan. Pemandangan ini adalah hal yang umum dan sudah menjadi pemandangan keseharian selama di sana. Lalu apakah Kashmir masih aman untuk dikunjungi ?

Berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman saat mengunjungi Kashmir di bulan Maret 2019, situasi di sana sangat aman. Hanya saja, situasi di Kashmir terkadang tidak menentu dan sering diwarnai gejolak politik dan demonstrasi, sehingga bagi traveler yang berencana ke Kashmir sebaiknya terus memantau berita terkini mengenai kondisi di Kashmir. Untungnya, pada saat kunjungan kami di bulan Maret 2019, kondisi Kashmir dalam keadaan kondusif, meskipun sebelumnya sempat memanas akibat bom bunuh diri oleh militan Pakistan di Kashmir yang terjadi pada 14 February 2019.

Mari kita kesampingkan sejenak konflik yang terjadi disana, surga di bumi yang jadi rebutan 2 negara tersebut membuat saya penasaran akan kecantikannya. Ternyata memang benar adanya, wilayah kashmir sangat indah, kaya budaya, memiliki makanan yang enak dan masyarakatnya sangat ramah. Pesona Kashmir terpampang nyata dalam 4 spot destinasi berikut:

1. Gulmarg

Gulmarg berada di distric Baramullah. Sebuah lanskap perbukitan dalam pangkuan rantai pegunungan Pir Panjal yang merupakan bagian dari pegunungan Himalaya. Ski dan Gondola menjadi daya tarik wisata yang populer di tempat ini.

Berada di ketinggian sekitar 4267 meter di atas permukaan laut, menjadikan Gulmarg Gondola diklaim sebagai perbukitan yang tertinggi di dunia. 

Kedatangan kami ke Gulmarg disambut dengan terpaan hujan salju . Orang tropis paling excited dengan yang namanya salju. Salju putih membalut bumi mengingatkan adegan di film frozen.

Kegembiraan merasakan salju pun kami luapkan dengan suka cita sambil bernyanyi lagu soundtrack film frozen "Let It Go". Dikarenakan kabut tebal dan salju turun semakin tebal, maka demi keamanan gondola pun berhenti beroperasi siang itu. Jadi, kami tidak bisa menaiki gondola dan ski di Gulmarg , tapi tetap bersyukur karena bisa menikmati salju dengan suka cita.

2. Sonamarg

Sonamarg berarti padang rumput emas. Dalam versi bahasa inggrisnya dikenal sebagai The Meadow Of Gold.

Hamparan bunga membungkus padang rumput di musim semi menjadikannya dikenal sebagai padang rumput emas. Karena keindahannya, Sonamarg kerap dijadikan lokasi shooting film Bollywood. 

Yang paling fenomenal adalah film bertema konflik India -Pakistan yang berjudul "Bajrangi Bahaijaan" yang dibintangi oleh Salman Khan dan Kareena Kapoor. Selain itu, Sonamarg juga disebut-sebut menjadi lokasi film Bollywood lainnya seperti "Jab Tak Hai Jaan dan 3 Idiots.

3.Pari Mahal

Dikenal juga dengan nama istana peri, dulunya tempat ini merupakan perpustakaan dan tempat tinggal bagi pangeran Mughal Dara Shikoh di pertengahan 1600-an.

Shikoh adalah pangeran dari Dinasti Mughal India yang hidup sekitar 4 abad yang lalu. Dia adalah putra tertua Shah Jehan, sultan romatis pendiri Tajmahal.

Dara Shikoh dikenal akan riwayat hidupnya yang suci dan herois. Dikenang karena kerja kerasnya membangun hubungan harmonis antar umat beragama terutama umat Islam dan Hindu.

4. Jamia Masjid Srinagar

Masjid Jamia adalah masjid tua yang sangat menakjubkan. Terletak di Nowhatta di jantung kota Srinagar, masjid jamia merupakan masjid kuno karena berusia lebih dari 600 tahun.

Masjid kuno ini sangat luas dengan arsitekturnya yang unik. Bahkan sepintas tidak menyerupai masjid, karena tidak ada kubahnya. Masjid ini berbentuk segi empat dengan taman dilengkapi kolam dan air mancur, pada bagian tengah masjid mirip seperti istana.

Burung-burung yang beterbangan bebas menambah pesona kecantikan masjid. Masjid Jamia sangat luas, tapi karena keterbatasan waktu, kami tidak bisa mengeksplore secara keseluruhan. Mungkin perlu waktu 1 sampai 2 jam untuk dapat mengeksplor setiap sudutnya.

Meski kerap dilanda konflik, Kashmir masih aman untuk dikunjungi. Dengan persiapan yang baik dan matang, segala risiko yang ada bukanlah suatu hal yang perlu dikhawatirkan berlebihan.

Bagi saya pribadi, pengalaman mengunjungi Kashmir dengan udaranya yang sejuk, airnya yang jernih, dan pesona keindahan alamnya yang luar biasa belum lagi ditambah dengan kehangatan dan keramah-tamahan penduduknya menjadi kerinduan tersendiri dan seakan ingin mengulanginya kembali. Kashmir, benar-benar menjadi surga di bumi yang sangat dirindukan untuk dikunjungi kembali.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA