Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Des 2019 13:22 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Alternatif Destinasi Liburan Musim Dingin yang Murah Meriah

Foto 1 dari 5
manali
manali
detikTravel Community - India bisa jadi salah satu alternatif destinasi liburan musim dingin yang murah meriah. Dibandingkan liburan ke Eropa, India jelas lebih terjangkau.

Sebagai warga negara tropis, winter dengan salju-salju adalah sebuah mimpi. Impian banget bisa pake baju-baju tebal, sarung tangan dan juga hujan salju putih putih sepanjang mata memandang, bermain lempar salju, membuat boneka salju

Tapi seperti yang kita tahu, bahwa traveling ke negara-negara winter tidaklah murah, seperti halnya Jepang, Australia atau Eropa, yang mana daily costnya saja sudah berkali-kali lipat dari Jakarta.

INDIA


Iya India, negara yang mungkin bagi sebagian orang terpikir panas dan juga gersang. Ternyata India juga mempunyai winter. Winter destination India ada di daerah utara seperti Kashmir dan Manali.

Kali ini saya akan membahas Manali, sebuah kota di propinsi Himachal Pradesh. Saya memulai perjalanan dari kota Delhi. Membutuhkan waktu 15 jam perjalanan untuk mencapai Manali menggunakan mobil atau bus.

Saya menggunakan rental mobil lengkap dengan supir untuk waktu 5 hari, dengan pertimbangan kami berjumlah 5 orang. Perjalanan sebetulnya bisa dibagi dua, bermalam di Chandigarh atau Shimla, kemudian melanjutkan ke Manali keesokan harinya.

Selain sewa mobil dan bus, kereta api pun bisa menjadi opsi. Namun titik akhir di Chandigarh dan meneruskan perjalanan lagi dengan bus.

Berbeda dengan Delhi yang sangat padat, di Manali suasana begitu sepi. Gunung-gunung menjulang dengan es berwarna putih di setiap puncaknya. Hotel-hostel di kawasan ini tidaklah mahal. Saya memesan tiga kamar untuk 10 orang dengan harga Rp 800 ribu, murah bukan?

Beberapa tempat yang wajib di kunjungi di Manali adalah Sollang Valley, sebuah lembah yang luas dimana semua aktifitas bermain salju bisa ditemui di sana.

Paragliding, ski, cable car, dan banyak lagi aktifitas lainnya. Selain itu, di Manali juga terdapat temple hindu bernama Hadimba Temple, temple tertua di kawasan tersebut.

Biaya makan di Manali tergolong cukup murah. Banyak variasi makanan western, chinese, dan indian food. Aktivitas bermain salju juga tidaklah mahal. Sewa pakaian berserta sepatu boots 50rb/ hari, cable car 120 ribu rupiah untuk dua arah.

Winter di India di mulai dari desember hingga bukan maret di setiap tahunnya. Jangan sampai kelewatan ya!
BERITA TERKAIT
BACA JUGA