Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 17 Nov 2019 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Tips Liburan Murah ke Hong Kong

Imam Sunarko
d'travelers
Foto 1 dari 5
Menaiki Cable Car selama 25 menit di Ngong Ping 360 menjadi hal yang wajib anda kunjungi selama di Hong Kong
Menaiki Cable Car selama 25 menit di Ngong Ping 360 menjadi hal yang wajib anda kunjungi selama di Hong Kong
detikTravel Community -

Jika ingin berkunjung di Hong Kong, simak tips berikut ini untuk memaksimalkan itinerary Anda. Persiapan yang matang sangat dibutuhkan sebelum memulai liburan

1. Pilh Penginapan di Dekat Stasiun MTR (Mass Transit Railways)

Penginapan di Hong Kong terkenal dengan harga yang mahal dan memiliki ruang yang sempit, jika Anda terbiasa tidur di ruangan yang lebar, mungkin anda akan menyesuaikan diri dengan ukuran penginapan di Hong Kong. Namun tidak mustahil, Anda akan menemukan tempat menginap yang murah di kantong.

Kawasan yang biasa menjadi favorit para pelancong salah satunya adalah di Kawasan Tsim Sha Tsui. Banyak apartemen yang dijadikan sebagai penginapan murah di kawasan tersebut, hal ini akan menjadi sedikit membutuhkan effort untuk menemukan penginapan tersebut.

Catatlah alamat secara lengkap, seperti nama apartemen, lantai, dan nomor blok. Perhatikan lift yang anda gunakan, banyak lift apartemen di Hong Kong yang disetting untuk lantai lantai tertentu.

Kawasan Tsim Sha Tsui juga dikelilingi oleh banyak tempat atraksi turis, sehingga memudahkan anda untuk berjalan kaki menuju tempat tersebut. Seperti, Avenue of Stars, Hong Kong Clock Tower dan beberapa Museum terkenal di Hong Kong.

2. Belilah Tiket Wisata Secara Online

Selain penginapan dan transportasi, komponen biaya liburan yang penting adalah tiket wisata berbayar. Jika Anda berencana mengunjungi wisata berbayar di Hong Kong seperti Cable Car di Ngong Ping 360, The Peak Tram, Disneyland dan lain sebagainya.

Ada baiknya Anda beli tiket secara online. Banyak travel partner yang menyediakan harga lebih miring maupun ditambah dengan special offer atau diskon lainnya.

Selain itu, yang lebih penting adalah skip the line atau menghindari antrian yang panjang jika Anda membeli tiket secara on the spot. Hal ini membuat waktu liburan Anda akan lebih maksimal untuk mengunjungi tempat atraksi, sehingga anda lebih puas pastinya.

Yang perlu dipastikan dalam membeli tiket online yaitu pastikan anda memiliki travel partner yang resmi, dan memiliki banyak review selain itu pastikan masa berlaku tiket masih berlaku. Selain itu ada beberapa tiket atraksi walaupun sudah dibeli secara online, membutuhkan verifikasi kembali di loket setempat. Jadi jangan malas untuk membaca syarat dan kondisi yang berlaku ya.

3. Membeli Kartu Transportasi Setempa

Di Hong Kong ada Octopus Card, kartu yang dapat digunakan untuk mengggunakan seluruh transportasi di Hong Kong seperti bus, trem, ferry, MTR dengan seluruh rute yang dimiliki oleh masing-masing transportasi tersebut.

Selain itu kartu ini juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembelian ataupun pembayaran di toko, restoran, supermarket, dan masih banyak lagi. Anda akan lebih praktis dalam melakukan transaksi selama anda berlibur di Hong Kong.

Untuk membelinya, Anda bisa membelinya di mini market yang dapat dengan mudah ditemui, maupun anda beli langsung di loket pembelian di stasiun MTR kepada petugas. Pastikan saldo anda cukup sebelum anda bertransaksi, dan asyiknya kartu ini bisa anda kembalikan dan saldo sisa bisa anda tarik sebelum anda pulang meninggalkan Hong Kong.

4. Ambilah Hong Kong Tourist Map

Ketika anda baru sampai di Hong Kong, baik itu via terminal ferry maupun Airport ambilah tourist map yang disediakan gratis kepada para turis. Hal ini akan membantu anda selama berada di Hong Kong, peta ini menyajikan rute seluruh public transport yang ada disana serta tourist attraction.

Jika Anda hanya mengandalkan wifi gratis disana, peta ini sangat membantu dalam memaksimalkan perjalanan Anda. Jangan sampai tersesat dan tidak menemukan wifi public sehingga itinerary yang anda buat menjadi berantakan.

5. Bawa Uang Cash Seperlunya

Sebelum berpergian menuju Hong Kong, Anda perlu menukarkan uang Rupiah terlebih dahulu. Tukarkan seperlunya sesuai dengan perhitungan budget yang Anda buat. Hal ini akan melatih Anda disiplin untuk menyesuaikan pengeluaran dengan perencanaan yang telah dibuat.

Namun, jika memang kondisi di lapangan tidak sesuai atau ada pengeluaran emergency anda dapat menaraik tunai di ATM Bank Lokal di sana. Rate yang ditawarkan akan mengikuti rate yang berlaku pada hari penarikan, ditambah dengan biaya admin bank. Hal ini membuat Anda lebih percaya dan merasa aman, dari pada harus menemukan money changer yang anda belum tahu reputasinya.

Itulah beberapa tips yang dapat anda jadikan referensi dalam mengatur liburan anda di Hong Kong. Pastikan anda merencanakan liburan anda dengan baik sehingga liburan anda menjadi lebih maksimal.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA