Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Des 2019 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Menjelajah Little Africa di Ujung Pulau Jawa

Foto 1 dari 5
Sejauh mata memandang
Sejauh mata memandang
detikTravel Community - Tidak perlu jauh-jauh traveling ke Afrika untuk mendapat suasana sabana dengan fauna liar. Datang saja ke little Africa di Banyuwangi.

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi primadona masyarakat Banyuwangi saat ini. Taman Nasional yang dilindungi oleh pemerintah ini memiliki luas lahan sekitar 25.000 hektare yang di dalamnya hidup berbagai macam jenis binatang dan vegetasi. Hampir separuh bentang Baluran berupa Savana.

Taman Nasional Baluran tersebut juga mempunyai beberapa spot yang dijadikan sebagai pos pengamatan atau gardu pandang. Beberapa pos pengamatan tersebut di antaranya adalah seperti spot Curah Tangis, Popongan, Sirontoh, Manting, Batangan, Bama, Balanan hingga Semiah dan Bekol yang sangat populer di kalangan penikmat wisata alam.

Berkendara ke Taman Nasional Baluran cukup menyita waktu. Namun, kamu tidak akan menyesal. Setidaknya saya sama sekali tidak menyesal saat melihat savanna ini meski belum memasuki waktu musim kering yaitu waktu terindah Taman Nasional Baluran di mana kamu akan merasa seperti di Afrika.

Hewan yang paling banyak dan mudah ditemui di tempat wisata Baluran Banyuwangi ini adalah kera berekor panjang. Kera ini sangat friendly dan mudah untuk diajak bermain, apalagi jika kamu memberinya makan.

Kalau ditempat lain kera-kera takut air, di Baluran ini kera-kera malah senang berenang di air. Jumlah populasi kera di Baluran mencapai ratusan. Terbanyak diantara hewan-hewan lain.

Selain itu, sebanyak 44 jenis tumbuhan hidup subur di Baluran, di antaranya terdapat tumbuhan khas seperti widoro bukol, mimba dan pilang.

Di bulan Juli  - Juni kamu dapat melihat secara langsung kawanan rusa. Pada bulan tersebut juga terjadi musim kawin rusa dan monyet-monyet yang memancing kepiting dengan ekornya. Jika kamu beruntung, kamu akan menyaksikan proses kawin kawanan rusa.

Serta jika kamu berkunjung pada bulan Agustus September, kamu dapat melihat kawanan merak di Taman Nasional Baluran. Pada bulan tersebut sedang terjadi musim kawin merak.

Kalau kamu penasaran mau melihat indahnya little Africa dari Jawa Timur ini, kamu tinggal beli tiket pesawatnya via tiket.com. Opsi lain, kamu juga bisa naik kereta ke Banyuwangi dan dilanjut naik kendaraan lain. Tak usah jauh-jauh ke Afrika.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA