Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Des 2019 10:56 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Keindahan Pantai Seger Saat Festival Bau Nyale

Agus Kurniawan
d'travelers
Foto 1 dari 5
Cahaya lampu milik warga yang turun berburu membuat lautan tampak menyala.
Cahaya lampu milik warga yang turun berburu membuat lautan tampak menyala.
detikTravel Community - Festival Bau Nyale sudah menjadi acara tahunan warga Lombok. Saat festival mulai, Pantai Seger yang gelap akan tampak indah dengan pendar senter.

Berburu Nyale tak lepas dari kisah Putri Mandalika, seorang putri raja di pulau Lombok yang rela menceburkan dirinya ke lautan untuk menghindari pertumpahan darah antar pangeran dari berbagai kerajaan yang ingin mempersuntingnya dan oleh masyarakat Sasak Lombok dipercaya menjelma menjadi Nyale.

Tradisi ini dilakukan secara turun temurun setiap tahun menurut perhitungan penanggalan suku Sasak yaitu pada hari ke-20 setelah purnama di bulan ke-10.

Semakin banyak Nyale yang keluar dari laut maka dipercaya membawa keselamatan dan kesejahteraan. Selain untuk di konsumsi, Nyale juga dipercaya dapat menyuburkan lahan pertanian dengan cara meyebarnya di lahan tersebut.

Berbekal kepercayaan tersebut, masyarakat setempat selalu menyambut tradisi ini dengan gembira dan beramai-ramai untuk berburu di sepanjang pantai selatan, timur dan tengah pulau Lombok dan setiap tahunnya kegiatan ini dipusatkan di Lombok Tengah, tepatnya di pantai Seger.

Menjelang dini hari, berbekal lampu sederhana dan jaring berbagai bentuk, ribuan orang baik laki-laki dan perempuan dari beragam usia mulai turun ke laut untuk memulai perburuan.

Pantulan sinar lampu dari ribuan pemburu Nyale membuat lautan tampak menyala seolah memperlihatkan riuh gembira perburuan waktu itu, tampak indah terlihat dari atas bukit di sekitar pantai.

Perburuan biasanya selesai ketika matahari terbit, perlahan-lahan ribuan warga mulai kembali ke pinggir pantai bersiap untuk pulang sambil membawa hasil tangkapannya.

Inilah sedikit cerita tradisi Bau Nyale yang kini sudah diagendakan menjadi event tahunan oleh Kementerian Pariwisata dengan nama Festival Bau Nyale.

Buat kalian yang ingin merasakan sensasi turun ke laut bersama ribuan orang untuk ikut berburu Nyale, persiapkan diri untuk ke Lombok di tahun depan ya.

Untuk tiket pesawat dan hotel, tiket.com bisa menjadi pilihan untuk membantu merencanakan liburan dengan memanfaatkan aplikasinya yang bisa di akses melalui smartphone. Tiket.com sebagai pionir Online Travel Agent di Indonesia tentunya sudah berpengalaman untuk membantu para konsumennya dan memanjakan konsumennya yang hobi travelling dengan beragam promo.

Fitur yang buatku sangat bermanfaat adalah Sewa Mobil, banyak pilihan dengan harga terbaik dan sudah dilengkapi dengan driver professional sehingga memudahkan transportasiku di tempat tujuan.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA