Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 14 Jan 2020 11:15 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Melihat 'Kembaran' Masjid Nabawi di Semarang

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 2 dari 5
Lima pilar bertuliskan 5 rukun islam
Lima pilar bertuliskan 5 rukun islam
detikTravel Community -

Semarang punya wisata religi bernama Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini punya payung hidrolik seperti Masjid Nabawi.

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini merupakan salah satu ikon wisata religi di Semarang dengan arsitektur yang unik dan megah.

Masjid ini dibangun sejak tahun 2001 dan diresmikan pada 14 November 2006. Berdiri diatas tanah seluar 10 hektar, masjid megah ini memiliki perpaduan unik arsitektur islam, jawa dan romawi.

Memasuki gerbang masjid, 5 buah pilar bertuliskan rukun islam. Arsitektur romawi terlihat dari 25 pilar yang terdapat di pelataran masjid. 25 pilar tersebut merupakan simbol dari 25 nabi dan rasul.

Di sini juga terdapat sebuah menara denfan ketinggian 99 meter. Menara ini dikenal dengan nama Menara Asmaul Husna atau Al-Husna Tower. Dari atas menara ini kita bisa melihat hampir seluruh pemandangan kota Semarang.

Bangunan paling unik dari masjid ini adalah adanya payung raksasa hidrolik yang diadopsi dari Masjid Nabawi. Namun payung ini hanya dibuka pada waktu tertentu saja. Mengingat penggunaan daya listrik yang cukup besar.

Masjid ini memiliki sebuah bedug raksasa dengan panjang 310 meter dan diameter 220 meter. Selain itu juga terdapat Al-Quran raksasa berukuran 145 x 95 cm. Al-Quran raksasa ini ditulis tangan oleh Drs Khyatudin dari pondok pesantren Al-Asyariyyah.

Selain itu masjid ini dilengkapi dengan penginapan sebanyak 23 kamar. Dilengkapi dengan fasilitas lain seperti lahan parkir VIP, kafe, museum kebudayaan, perpustakaan dan taman.

Untuk sebuah tempat wisata religi, tempat ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Belum lagi letaknya yang strategis di pusat kota Semarang, memudahkan pengunjung untuk berkeliling ke tempat wisata lain.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA