Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 20 Jan 2020 11:45 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Sleman Punya Bendungan Seindah Ini

Heru Setiawan
d'travelers
Foto 2 dari 5
Pemandangan alam bendungan Watu Purbo dari ketinggian
Pemandangan alam bendungan Watu Purbo dari ketinggian
detikTravel Community -

Nama Bendungan Watu Purbo di Sleman mungkin baru populer di kalangan traveler lokal. Namun, keindahannya tidak main-main.

Bendungan Watu Purbo terletak di Padukuhan, Bangunrejo, Merdikorejo, Tempel, Sleman, DI Yogyakarta. Lokasi dapat ditempuh selama 90 Menit dari pusat kota Yogyakarta dan 30 menit dari pusat kota Sleman. Akses masuk kendaran cukup mudah, terdapat lahan parkir mobil maupun motor.

Yang membuat menarik dari Bendungan Watu Purbo ialah terdapat beberapa tingkat bendungan. Bebatuan besar bekas dari erupsi Merapi dan sungai yang jernih ketika cuaca cerah dapat menjadi salah satu destinasi akhir pekan liburan keluarga. Sungai yang cukup dangkal tempat juga jadi tempat asyik untuk bermain air bagi anak-anak.

Ketika cuaca cerah, berkunjung di pagi atau sore hari akan disuguhkan view gunung Merapi yang indah. Dikelilingi pepohonan besar yang masih hijau membuat tempat ini menjadi lebih terasa suasana alam yang masih alami.

Bendungan Watu Purbo bisa menjadi pilihan destinasi wisata alam yang murah meriah yang ada di Kabupaten Sleman. Banyak menjadi tujuan komunitas pesepeda gunung dari berbagai daerah sekitar Kabupaten Sleman.

Seperti yang diungkapkan Rudi, salah satu penghobi sepeda gunung, "menurut saya track menuju bendungan ini yang tidak terlalu terjal seru untuk bersepeda sembari menikmati udara yang masih segar."

Menurut salah satu pengelola bendungan yang bernama Bapak Hardi, awal mulanya bendungan ini menjadi salah satu tempat menambang pasir warga setempat. Setelah habis hanya tersisa bebatuan besar dan air saja, Akhirnya menjadi tempat wisata yang diberi nama Watu Purbo karena terdapat bebatuan besar yang sudah ada sejak lama.

Tempat wisata ini masih dikelola warga setempat dan sebagian mendapatkan kucuran dana dari pemerintah Provinsi DIY. Pengunjung diharapkan berhati-hati ketika bermain di sekitar bendungan, karena sebagian sungai masih dalam dan licin.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA