Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 21 Feb 2020 15:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Santai Sore di Taman Ismail Marzuki

Foto 1 dari 5
Anak-anak muda latihan berbagai seni tari di TIM.
Anak-anak muda latihan berbagai seni tari di TIM.
detikTravel Community -

Jakarta punya banyak tempat menarik untuk menghabiskan sore. Taman Ismail Marzuki bisa jadi tempat nonkrong kamu selanjutnya.

Beberapa tahun belakangan ini, saya memiliki tekad untuk wajib mengunjungi setidaknya satu museum atau galeri sejarah tepat di bulan Agustus, sebagai bulan HUT Republik Indonesia. Maka, Taman Ismail Marzuki menjadi destinasi pilihan saya di tahun 2019 karena museum ini sudah lama menggugah keinginantahuan saya dan saya sering mendengar nama tempat ini sejak masih di bangku sekolah.

Baca juga: Dewan Kesenian Jakarta Bersuara soal Revitalisasi TIM



Pertama kali sampai di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, saya takjub melihat begitu megah dan lengkapnya taman ini. Banyak anak muda yang beraktivitas bersama di sekitar taman ini, seperti latihan menari, latihan teater, dan lain sebagainya. Ada juga Planetarium untuk edukasi yang menarik.

Baca juga: Saat Seniman Baca Puisi Protes Revitalisasi TIM di DPR

Taman Ismail Marzuki (TIM) atau nama lengkapnya Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki merupakan sebuah pusat kesenian dan kebudayaan yang berlokasi di Jalan Cikini Raya 73, Jakarta Pusat. Nama pusat kesenian ini berasal dari nama pencipta lagu terkenal Indonesia, Ismail Marzuki.

TIM memiliki enam teater modern, balai pameran, galeri, gedung arsip, dan bioskop. Tempat ini bagai rumah bagi para pencinta dan penikmat seni dan budaya. Berbagai acara dipertunjukkan secara rutin di pusat kesenian ini seperti pertunjukan teater, drama, tari, wayang, musik, pembacaan puisi, pameran lukisan dan pertunjukan film.

Salah satu yang unik saat saya ke TIM pada Agustus 2019 lalu adalah, ada sebuh toko buku yang berdiri tepat di depan Graha Bhakti Budaya, yakni salah satu gedung pertunjukan yang ada di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki. Toko buku ini sarat akan buku-buku sastra, sejarah, dan buku-buku seni lainnya.

Beruntunglah anak-anak muda, khususnya di Jakarta, karena memiliki wahana atau ruang ekspresi seperti Taman Ismail Marzuki. Kita, para millennial, juga bisa belajar tentang kemajuan seni dan bangsa lewat berbagai informasi yang ada di TIM ini.


Tags: Taman Ismail Marzuki

BERITA TERKAIT
BACA JUGA