Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 22 Feb 2020 18:03 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Rekomendasi Kulineran di Bantul: Sate Klatak

Jetrani Reza Dias
d'travelers
Foto 2 dari 5
Saking ramenya, makan disini harus rela antri 1-2 jam.
Saking ramenya, makan disini harus rela antri 1-2 jam.
detikTravel Community -

Bagi traveler yang melewati daerah Jejeran, Imogiri, Bantul, mungkin penasaran ingin mencicipi sate klatak karena hampir di sepanjang jalan berjejeran warung sate klatak. Sate klatak adalah sate daging kambing muda yang ditusuk dengan jeruji sepeda dan ukuran potongan daging kambingnya lebih besar tiga kali dari sate biasa. Setiap porsi hanya terdiri dari dua tusuk dan disajikan bersama kuah gule kambing yang kental. Salah satu warung sate paling terkenal adalah warung sate klatak Pak Pong.

Sate klatak punya keunikan yang berbeda dengan sate biasa. Pada proses pembakaran, sate klatak hanya dibumbui garam saja jadi warna satenya polos. Sedangkan sate biasa biasanya dibumbui lengkap dengan saus kacang atau kecap manis dan potongan cabe. Harga makanan di sini semua di bawah Rp 30 ribu, cukup terjangkau apalagi untuk traveler dari luar Jawa atau Jakarta dan sekitarnya.

Selain menu sate klatak, traveler juga bisa memilih menu lain seperti tongseng, kicik dan tengkleng kambing. Bisa juga memilih tongseng kambing kepala bagi yang suka kuliner ekstrim, meski saya sendiri belum pernah mencoba. Tongsengnya lengkap ada mata, lidah, daging dan telinga dari kepala sapi.

Satu yang perlu traveler ketahui, makan di Warung Pak Pong perlu kesabaran ekstra. Saya pernah menunggu hampir 2 jam untuk menikmati seporsi sate klatak saking ramainya tempat ini. Bagi yang tak mau menunggu lama, juga bisa reservasi sebelum kedatangan.

Bagi traveler yang kelaparan dan buru-buru ingin makan sate klatak, bisa juga memilih warung sate lainnya, karena di sepanjang jalan Imogiri, banyak berjejer warungsate klatak. Cukup pilih warung mana yang sepi pengunjung untuk memesan sate klatak tanpa perlu mengantre.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA