Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Apr 2020 18:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mengenang Kemeriahan Karnaval Jerman Sebelum Corona

Mokhamad Edliadi
d'travelers
Foto 1 dari 5
Ribuan warga berpakaian unik sedang berpesta pora, menikmati musik, di pusat kota Kln.
Ribuan warga berpakaian unik sedang berpesta pora, menikmati musik, di pusat kota Kln.
detikTravel Community -

Tak sedikit karnaval atau perayaan yang digelar di Jerman, seperti di Kota Koln misalnya. Berikut kemeriahannya sebelum corona datang.

Pada puncak perayaan "musim ke-5" di Jerman, kota-kota yang berada di sepanjang sungai Rhein akan dipenuhi orang-orang berkostum aneh. Tua muda, besar kecil, laki perempuan, semua ikut bersukaria di masa karnaval.

Hari Senin, dan ada yang tidak biasa pagi itu. Di kereta yang saya tumpangi ke kota Koln dipenuhi oleh orang orang yang berdandan dan memakai konstum yang beraneka rupa. Tidak hanya orang dewasa, anak anak juga tampak lucu mengenakan kostum yang penuh warna.

Kereta tiba di Stasiun Koln, semua penumpang bergerak turun, berjalan keluar stasiun, bergabung bersama ribuan warga berpakaian unik yang sedang berpesta pora. Mereka menikmati musik, berdansa, sambil menyambut pawai puluhan kendaraan karnaval yang berkonvoi melalui jalanan kota.

Ya, ini adalah puncak perayaan "musim ke-5" di Jerman, kota-kota yang berada di sepanjang sungai Rhein akan dipenuhi orang-orang berkostum aneh. Kota Koln yang terletak di negara bagian Nord Rhein Westfallen menjadi salah satu lokasi paling meriah dalam masa karnaval di Jerman.

Hari pawai terbesar adalah hari ini, Senin Karnaval, yang dinamakan Rosenmontag (Senin Mawar). Sesi karnaval akan diakhiri hari Rabu, yang disebut Aschermittwoch (Rabu Abu). Pada hari ini, tidak ada lagi pawai atau kostum Karnaval.

Pada saat pawai Rosenmontag, permen dan penganan manis dilemparkan dari kendaraan pawai ke arah warga di sepanjang rute pawai. Anak-anak kecil hingga orang dewasa senang sekali dalam masa karnaval. Terutama ketika pawai lewat dan orang-orang dalam parade mulai membagikan makanan ringan, gula-gula, sayuran, coklat, parfum khas Koln hingga mainan.

Tua muda, besar kecil, laki perempuan, semua ikut bersukaria di masa karnaval. Selain di Rheinland, karnaval juga dirayakan di wilayah lainnya di Jerman, tapi dengan nama yang berbeda, seperti "Fasching" yang dikenal di selatan Jerman.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA