Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 16 Mar 2020 10:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ini Bedanya Dermaga Kapal Feri Eksekutif dengan Reguler

Jetrani Reza Dias
d'travelers
Foto 3 dari 5
Tarif kapal eksekutif
Tarif kapal eksekutif
detikTravel Community -

Sejak akhir 2018, PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan dermaga eksekutif dengan fasilitas premium dibandingkan dermaga reguler. Ada bedanya.

Berikut adalah detail perbedaan menyeberang ke Bakauheni lewat Pelabuhan Merak Eksekutif Sosoro dengan pelabuhan reguler :

1. Fasilitas Mewah

Di Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro fasilitasnya terbilang mewah. Bangunan yang juga berfungsi sebagai mal ini punya berbagai gerai minimarket dan restoran. Gedungnya pun bersih dan dilengkapi pendingin ruangan.

Untuk menuju kapal, penumpang tinggal melewati garbarata yang tersambung langsung ke kapal. Sedangkan di pelabuhan reguler, fasilitasnya sederhana, tidak semewah dan sebersih pelabuhan eksekutif.

2. Operator Kapal

Yang beroperasional dari Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro hanya kapal ASDP. Sedangkan pada pelabuhan reguler, kapal swasta lain yang beroperasi.

Persamaan dari dua pelabuhan ini, kapal Merak-Bakauheni beroperasi selama 24 jam, setiap dua jam sekali dari Pelabuhan Merak.

3. Harga Tiket

Harga tiket kapal ASDP dari Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro tentunya lebih mahal dibanding tiket kapal lain dari pelabuhan reguler.

Per Juli 2019 tiket kapal dari Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro ke Bakauheni untuk orang dewasa adalah Rp 50 ribu, sedangkan anak-anak Rp 34 ribu. Untuk mobil yang menyeberang Rp 579 ribu, sudah termasuk semua penumpang di dalam mobil.

Sedangkan harga tiket di Pelabuhan Merak reguler ke Bakauheni adalah Rp 15 ribu per orang dan Rp 374 ribu per mobil sudah termasuk penumpang di dalam mobil.

4. Cara Beli Tiket

Di Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro tiket kapal bisa dibeli di online yakni di alamat www.indonesiaferry.co.id atau langsung di pelabuhan menggunakan e-Money atau uang elektronik. Sedangkan di pelabuhan reguler tiket hanya dapat dibeli langsung di pelabuhan, juga menggunakan e-Money.

5. Waktu Tempuh Kapal

Kapal eksekutif ini memiliki kelebihan kecepatan dan ketepatan waktu berlayar. Lama perjalanan kapal ASDP yang berangkat dari Pelabuhan Merak Eskekutif Sosoro kePelabuhan Bakauheni hanya satu jam berlayar. Kalau ditambah lepas jangkar dan segala macam,port to port (pelabuhan ke pelabuhan) hanya 1,5 jam. Sedangkan kapal di pelabuhan reguler sekitar dua jam perjalanan.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA