Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 23 Mar 2020 15:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Brrumm.. Brumm.. Ini Angkot Lucu dari Filipina

Brigida Emi Lilia
d'travelers
Foto 1 dari 5
Sebuah jeepney melintas di kawasan Intramuros.
Sebuah jeepney melintas di kawasan Intramuros.
detikTravel Community -

Eksentrik dan penuh warna, ini jeepney dari Filipina. Angkutan publik ini setara dengan angkot di Indonesia.

Seperti namanya jeepney berbentuk seperti mobil jeep dengan badan mobi yang memanjang ke belakang. Beberapa jeepney bahkan berukuran lebih panjang dari Jeepney yang lain.

Jeepney ini memiliki rute masing-masing, biasanya tertulis secara jelas di bagian badan mobil maupun di bagian depan mobil.

Selain diberi tulisan rutenya, badan jeepney juga kerap diberi warna yang menarik. Sehingga nampak meriah.

Jenis transportasi ini dioperasikan oleh seorang supir dan tanpa kondektur sehingga penumpang yag naik harus membayar langsung pada supirnya.

Jika tempat duduk penumpang terlalu jauh dari sopir maka penumpang tersebut dapat memberikan ongkosnya melalui penumpang lain yang lebih dekat kepada sopir. Oh ya menggunakan tangan kiri dalam memberikan sesuatu kepada orang lain adalah hal yang lazim di sana.

Jeepney adalah salah satu pilihan transportasi penduduk Manila, sehingga saat jam-jam sibuk, kendaraan ini dijejali penumpang, bahkan sampai ada yang berdiri dekat pintu.

Begitu populernya kendaraan ini sehingga di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila, terdapat sebuah jeepney dengan tulisan Manila-Jakarta .

Jeepney yang ada di Kedutaan pun sering menjadi tempat berfoto bagi pengunjung. Selain itu souvenir berupa miniatur jeepney pun akan dengan mudah kita temukan di pasar maupun toko souvenir yang ada di mal.

Ukuran dan bahannya pun bermacam-macam, begitu pula harganya sehingga wisatawan dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. Mengunjungi Manila tanpa mencoba kendaraan ini rasanya ada yang kurang, tetapi jika tidak sempat mencoba, bawalah miniatur jeepney sebagai cinderamata.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA