Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 09 Apr 2020 15:17 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Tips Traveling #dirumahaja Buat Si Extrovert & Introvert!

Jauza Insihani
d'travelers
Foto 4 dari 5
Foto: pixabay
Foto: pixabay
detikTravel Community -

Pandemi Corona membuat kita tidak bisa ke mana-mana. Meski #dirumah aja, tetap bisa menyenangkan kok. Buat para Extrovert dan Introvert simak ya tipsnya!

"Aduh gak bisa hangout! Rebahan sampe ketiduran udah, nonton youtube sampe puas udah, scroll sosmed juga udah, ngapain lagi ya?"

Kondisi saat ini yang #dirumahaja merupakan kesempatan emas bagi para Introvert, untuk mengisi energi kembali dan meningkatkan keseimbangan antara hidup dan pekerjaan yang selama ini melelahkan.

Eits, bagaimana dengan para Extrovert? Apakah mereka merasa terkekang? Ngaku deh memasuki minggu ke-4 #dirumahaja ini, siapa yang sudah mulai bosan berada di rumah? Tenang...

Meskipun saat ini hanya bisa menghabiskan waktu di rumah, tetapi untuk kamu para Extrovert tetap bisa banyak bersosialisasi walaupun #dirumahaja.

Bisa jadi inspirasi, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan #dirumahaja untuk para Extroverts supaya tetap bisa berinteraksi dan para Introverts supaya tetap happy and healthy!

1. Berolahraga sambil berjemur di rumah

Berada #dirumahaja bukan berarti bermalas-malasan ya, detikers. Olahraga tetap harus dilakukan untuk menjaga kesehatan. Para Extrovert, olahraga merupakan salah satu alternatif penyaluran energimu.

Kamu bisa mengajak keluarga untuk olahraga bersama dengan melihat tutorial di Youtube, dan bisa juga dilakukan sambil berjemur. Berjemur yang baik dilakukan setelah pukul 10.00 WIB selama 10-15 menit saja.

Kata siapa para Introverts hanya suka rebahan? Mereka juga suka olahraga kok! Para introverts, cukup dengan melakukan peregangan-peregangan ringan kamu bisa tetap bugar selama di rumah.

Sstt.. tahu enggak detikers? ada penelitian yang mengatakan, berjemur di pagi hari dapat mengurangi stress lho. Hal ini karena otak akan memproduksi serotonin lebih banyak, serotonin inilah yang bisa membuat suasana hati jadi lebih baik. Yuk, jangan malas berjemur dan olahraga!

2. Memasak bersama

Saat terjadi pandemic COVID-19 ada banyak sekali mall, tempat makan, atau tempat umum lainnya yang ditutup, sehingga kita akan sulit untuk keluar rumah. Oleh karena itu, memasak bersama juga bisa menjadi pilihan kegiatan bagi kamu para Extroverts dan Introverts selama #dirumahaja.

Berkreasi lewat masakan bisa para Introverts jadikan sebagai sarana mengeksplor diri lebih dalam, karena mampu meningkatkan daya kreativitas. Selain memasak bersama keluarga, para Extroverts juga bisa saling bertukar resep masakan dengan sahabat dan mencoba masak bersama di rumah masing-masing.

Lalu bagikan hasil masakan lewat foto kepada sahabat. Pilih beberapa menu baru yang belum pernah dibuat, menu yang sedang viral di medsos, beberapa menu favorit keluarga, atau membuat menu minuman yang bisa meningkatkan imun tubuh.

3. Piknik di halaman rumah

Setelah selesai membuat makanan, kamu dan keluarga bisa menikmatinya dengan cara menggelar acara piknik di halaman belakang atau area taman di rumah. Ini akan sangat menyenangkan, karena kamu bisa membuatnya dengan tema atau dresscode unik yang lain dari biasanya, misalnya cosplay karakter tertentu.

Selain makan bersama, piknik di rumah bersama keluarga juga bisa diisi dengan bermain game yang bisa melibatkan anggota keluarga. Contohnya monopoli, kartu UNO, whisper challenge, dan tebak kata.

Piknik di halaman rumah selain bisa membuat suasana rumah menjadi lebih seru, hal ini juga bisa sebagai ajang family time untuk para Extroverts dan Introverts.

4. Curhat online

Kita memang sedang menjalani physical distancing, tapi tidak dengan hubungan via chat atau sosial media ya. Kontak fisik memang dikurangi, tapi kita masih bisa berbagi kabar kok! Walaupun belum ada yang bisa menggantikan asyiknya berinteraksi langsung, tapi setidaknya komunikasi online lewat video call bisa menjadi sarana untuk melepas kangen dengan sahabat untuk para Extroverts dan Introverts.

Apalagi untuk para Extroverts, kamu juga bisa membuat list tempat liburan yang ingin dikunjungi bersama sahabat jika keadaan sudah membaik. Yuk coba jadwalkan untuk melakukan video call bersama sahabat untuk hangout virtual, ya!

5. Membaca buku & marathon film

Dear Introverts, kamu bisa mencoba membaca buku dan marathon film untuk mengatasi rasa bosan dan membebaskan imajinasi yang kamu punya. Bagi pecinta traveling, kamu bisa membaca buku dan menonton film yang kaitannya dengan traveling sebagai sarana menyalurkan kerinduan traveling.

Seperti buku Flying Traveler, A Week at The Airport, atau The Great Railway Bazaar dan menonton film 5cm, Eat Pray Love, atau Tracks. Kapan lagi bisa #dirumahaja, bersantai, dan menghibur diri?

Nah, itulah 5 hal yang bisa dilakukan agar tetap happy and healthy selama #dirumahaja. Sabar sedikit lagi ya, kita tetap harus mengikuti imbauan untuk #jagajarakdulu dan #dirumahaja seperti yang disarankan pemerintah.

Serta, jangan lupa pakai masker jika mengharuskan untuk pergi keluar rumah dan rajin cuci tangan. Tetap semangat, ya!

BERITA TERKAIT
BACA JUGA