Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Mei 2020 09:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Terpesona Indahnya Pulau Kenawa

Foto 1 dari 5
Berfoto bareng teman-teman
Berfoto bareng teman-teman
detikTravel Community -

Pulau Kenawa di Lombok jadi salah satu destinasi favorit traveler di NTB. Berikut pesonanya.

Lombok dikenal dengan bermacam-macam pantai, tapi keindahnya tidak hanya pantai. Banyak juga destinasi wisata alam seperti pulau kecil yang bagus dan eksotis yang banyak dikunjungi wisatawan. Bisa dikatakan Lombok surganya traveler.

Kalau kalian berwisata ke Lombok jangan lewatkan untuk berwisata ke Pulau Kenawa, salah satu pulau kecil dan mungil savana yang begitu menawan. Pulau ini merupakan salah satu Pulau di gugusan Pulau Gili Bili Balu yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, tepatnya di desa pesisir, Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat. Pulau yang menjadi tujuan wisatawan domestik mancanegara.

Perjalan menuju Pulau Kenawa kita melakukan dua kali penyebrangan yang di awali dengan menaiki kapal feri dari Pelabuhan Kayangan di Kabupaten Lombok Timur yang menempuh jarak sekitar 1-2 jam menuju Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat. Kemudian dari Pelabuhan berjalan kaki sekitar 15 menit menuju pelabuhan nelayan, karena masih belum ada yang menyediakan jasa transportasi menuju Pulau Kenawa.

Kedua, untuk menyebrang ke Pulau Kenawa kita menaiki perahu nelayan dengan tarif Rp 300- Rp 400 untuk per jalan pulang pergi. Ini merupakan relatif cukup murah karena satu perahu bisa memuat 10-15 orang sekali jalan.

Perjalanan menuju Pulau Kenawa dari penyeberangan nelayan sampai dermaga kayu Pulau Kenawa sekitar 20 menit, tergantung cuaca. Kalau cuaca lagi bersahabat bisa lebih cepat. Dari kejauhan kita sudah bisa melihat keindahan bukit dan savana dengan rumput ilalang tinggi yang begitu menawan dan eksotis.

Kita bisa menjelajah Pulau Kenawa dengan cepat karena luas Pulau Kenawa memiliki luas hanya 13 hektar. Meskipun tidak luas, Pulau Kenawa memiliki pemandangan alam berupa hamparan savana, perbukitan, pantai dengan pasir putih, serta terumbu karang yang masih terjaga.

Pulau ini terkenal dengan keindahan padang savana yang hijau di musim penghujan dan coklat eksotis di musim kemarau. Adanya perbukitan yang tidak terlalu tinggi di tengah pulau, dari atas bukit kita sudah bisa melihat keseluruhan Pulau Kenawa mulai dari birunya laut, pasir putih , dan padang savana yang membentang yang dapat kita abadikan dari bukit ini.

Selain itu kita bisa berenang dan snorkeling sambil melihat terumbu karang di bawah laut, bahkan bisa berkemah di sela-sela rumput ilalang padang savana. Selain itu tengah Pulau Kenawa ada sebuah perbukitan kecil yang cocok digunakan untuk menikmati matahari terbit di pagi hari, matahari terbenam di sore hari dan bintang di malam hari.

Selain di bukit kita juga bisa menikmati Pulau Kenawa dengan sisi yang berbeda. Kita biasa duduk santai di dermaga kayu sambil menikmati terbenamnya matahari sore dari sebelah barat dengan pantulan cahaya ke ombak pantai yang begitu sahdu.

Pulau Kenawa sangat cocok untuk kalian yang ingin mengahabiskan akhir pekan bersama keluarga, pacar, sahabat, dan teman terdekat kalian. Pulau kenawa salah satu pilihan untuk kalian yang ingin berwisata sambil menikmati alam dan keindahan bawah laut yang masih terjaga.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA