Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 13 Mei 2020 15:50 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Rekomendasi Gunung Terindah di Jawa Tengah

Foto 3 dari 5
Puncak Gunung Andong
Puncak Gunung Andong
detikTravel Community -

Jawa Tengah memiliki banyak gunung yang jadi kecintaan para pendaki. Sambil menunggu corona usai, yuk kita kenali 5 gunung di Jawa Tengah yang jadi favorit.

Mendaki gunung adalah salah satu hobi yang mengasyikkan, selain itu mendaki juga memiliki banyak manfaat, seperti melatih mental dan fisik, meningkatkan sikap tanggung jawab dan kerja sama hingga meningkatkan kreatifitas.

Salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki deretan gunung yang indah adalah Jawa Tengah, dari banyak gunung di Jawa Tengah berikut adalah 5 rekomendasi gunung terindah yang dapat kalian daki di Jawa Tengah:

1. Gunung Merbabu

Gunung Merbabu terletak di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian 3.145 Mdpl. Merbabu salah satu gunung paling popouler untuk didaki di Jawa Tengah, karena memiliki keindahan yang luar biasa. Terutama karena sabana yang indah.

Kalian dapat mendaki Gunung Merbabu ini melalui beberapa jalur, di antaranya Selo, Wekas, Cunthel, Suwanting dan Thekelan.

2. Gunung Lawu

Gunung dengan yang memiliki puncak di ketinggian 3.265 Mdpl ini sangatlah cocok untuk kalian daki. Terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, menjadikan Gunung Lawu sangatlah strategis untuk dituju. Gunung Lawu memiliki banyak hal yang menarik seperti surise yang indah dan sabana yang membentang luas.

Hal yang paling menarik dari Gunung Lawu adalah kalian menikmati warung tertinggi di Indonesia yang dikenal sebagi Warung MboYem yang menyediakan berbagai makanan dan minuman rumahan seperti pecel dan teh hangat.

3. Gunung Prau

Jika kalian adalah pendaki pemula, Gunung Prau akan menjadi destinasi yang cocok untuk kalian. Karena gunung ini hanya memiliki ketinggian 2.565 Mdpl saja, dan bahkan untuk mencapai puncaknya rata-rata hanya diperlukan waktu antara 2-4 jam saja.

Gunung Prau dikenal dengan puncaknya yang luar biasa. Jika cuaca sedang mendukung dari puncak Gunung Prau kita akan melihat banyak puncak gunung lain dengan ditambahkan lautan awan yang indah. Gunung ini terletak di Wonosobo, Jawa Tengah.

4. Gunung Andong

Selain Gunung Prau, Gunung Andong juga sangat ramah unutk didaki para pendaki pemula, terletak di Magelang, Jawa Tengah Gunung Andong memiliki ketinggian 1.726 Mdpl, yang rata-rata hanya dibutuhkan waktu antara 1-2 jam saja untuk menggapai puncaknya.

Walaupun tidak terlalu tinggi, Gunung Andong memiliki keindahan yang tidak kalah dengan gunung-gunung lain yang lebih tinggi. Bahkan kita juga dapat melihat lautan awan di gunung ini.

5. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing terletak di Wonosobo, Jawa Tengah. Dengan ketinggian 3.371 Mdpl gunung ini menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa Tengah. Di gunung ini kita dapat melihat keindahan bunga edelweiss yang langka, karena bunga ini hanya akan tumbuh di ketinggian tertentu.

Gunung Sumbing ini juga akan memanjakan mata dengan keindahan lautan awanya ditambahlagi kita juga dapat melihat kemegahan Gunung Sumbing yang terletak persis disebelah Gunung Sumbing ini.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA