Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Mei 2020 14:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Museum Eks Istana Ini Simpan Sejarah Malaysia

Faghri Rabbani
d'travelers
Foto 2 dari 5
Salah satu pintu bagunan sayap kiri istana
Salah satu pintu bagunan sayap kiri istana
detikTravel Community -

Museum Diraja di Kuala Lumpur, Malaysia, merupakan salah satu yang cukup unik di dunia. Dahulu, museum ini merupakan eks Istana Raja Malaysia.

Banyak museum yang ada di Kuala Lumpur, Malaysia. salah satunya adalah Museum Diraja Kuala Lumpur. Museum Diraja ini sebenarnya adalah bekas Istana Negara yang merupakan kediaman resmi Raja Malaysia (Yang Dipertuan Agung) yang dijadikan museum oleh pemerintah Malaysia karena dipindahkannya kediaman resmi raja Malaysia ke istana yang baru.

Jika kita ingin bekunjung ke museum ini harus menggunakan taxi atau kendaraan pribadi, karena letak museum yang jauh dari transportasi umum.

Tiket masuk bagi WN Malaysia adalah 5 RM dan bagi turis mancanegara 10 RM. Museum ini berisikan diorama atau suasana Istana negara Malaysia pada saat digunakan, seperti ruang-ruang kamar, ruang makan, ruang perpustakaan, yang dijadikan ruang pameran bagi para turis.

Selain itu di dalam museum ini kita bisa melihat dua ruang tahta (dalam bahasa Melayu disebut Balairungseri). Pertama ruang tahta utama dan bilik tahta yang berukuran lebih kecil dari ruang tahta utama yang dilengkapi dengan kursi-kursi yang diatur rapih sebagaimana penggunaanya dulu semasa istana itu aktif.

Yang tak kalah menarik adalah kita bisa melihat kamar pribadi Yang Dipertuan Agung semasa istana itu aktif, yang memiliki keunikan dengan kubah utamanya yang dilukis dengan tangan. keunikan istana ini juga adalah adanya ruang dental gigi dan ruang teater wayang khusus bagi keluarga raja.

selain itu, didalam istana ini juga kita bisa melihat ruang-ruang perpustakaan yang cukup besar serta kamar-kamar yang masih lengkap dengan kasur, bantal dan perlengkapan kamar yang lain. Tak lupa juga di setiap lorong istana terdapat foto-foto dari kunjungan tamu negara Raja dan kegiatan-kegiatan Raja selama menjabat.

Bagi Anda yang menyukai sejarah, museum ini sangat cocok untuk menggali sejarah Malaysia. Karena Istana ini dipakai sejak Raja pertama Malaysia sampai tahun 2014 dan dipindah ke Istana baru. Selama di dalam Istana Anda tidak diperkenankan untuk memfoto/memvideokan ruang pameran.

Sedikit saran jika ingin mengunjungi museum ini, pastikan bersamaan dengan adanya 'Pameran Raja Kita' yang biasanya diadakan dari bulan Agustus-September setiap tahunya yang menampilkan alat-alat kebesaran kerajaan, perhiasan kerajaan, serta baju-baju resmi kenegaraan yang dipamerkan di ruang tahta utama di dalam istana tersebut.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA