Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 25 Mei 2020 11:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Lombok, Surga Destinasi Wisata Dunia

Arnis Taher
d'travelers
Foto 5 dari 5
Rumah adat di Dusun Sasak Sade
Rumah adat di Dusun Sasak Sade
detikTravel Community -

Jadi destinasi super prioritas, Lombok menawarkan banyak destinasi alam dan budaya yang luar biasa. Berikut beberapa yang bisa dikunjungi pasca kondisi membaik.

Lombok, Nusa Tenggara Barat terpilih sebagai lokasi super prioritas dengan beragam wisata yang ada di Lombok tentu menjadi daya tarik tersendiri bari wisatawan mancanegara. Lombok bisa di sebut juga surga destinasi wisata karena segala jenis wisata ada mulai dari alam pegunungan, pantai-pantai yang indah serta budaya masyarakat setempat.

Dampak dari pandemi covid-19 sangat terasa bagi sektor pariwisata, hal ini disebabkan karena anjloknya wisatawan domestik maupun mancanegara akibat ditutupnya berbagai transportasi baik darat, laut dan udara. Hal ini tentu membawa pengaruh besar bagi penambahan devisa negara.

Semoga pandemi ini segera berakhir sehingga industri parawisata tanah air dapat berangsur-angsur pulih. Di antara banyaknya lokasi wisata tanah air Lombok, Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu destinasi wisata yang cocok menjadi salah satu tujuan wisata kalian, mengapa Lombok? Karena Lombok memiliki beragam jenis wisat,a bahkan bisa disebut sebagai surga destinasi wisata dunia.

Terpilihnya Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi lokasi wisata super priotas tentunya akan menjadi magnet baru parawisata di tanah air. Beragamnya objek wisata di Pulau Lombok tentu sangat membantu agar pengeluaran kalian tidak bisa terkontrol dengan baik, karena hampir sebagian objek wisata yang didatangi masih dalam satu kawasan wisata. Apa saja objek wisata yang ada di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat?

Wisata Alam Pegunungan Puncak Pusuk

Puncak pusuk merupakan objek wisata di Lombok Barat yang masih berada dalam Kawasan Geopark Rinjani. Puncak Pusuk atau sering disebut Pusuk Pass berada pada puncak sebuah bukit yang masih dalam kawasan hutan lindung. Lokasi wisata ini juga merupakan jalan alternatif bagi wisatawan yang akan menuju Gili Trawangan, Air atau Meno jika tidak memilih jalur Pantai Senggigi.

Waktu yang dibutuhkan untuk sampai di tempat ini dari Kota Mataram kurang lebih 1 jam dengan jalan yang menanjak, berkelok dan tidak terlalu lebar. Bagi yang baru belajar berkendaraan, tidak disarankan mengambil jalur ini karena sangat berbahaya.

Udara yang dingin dengan pepohonannya yang lebat, pemandangan indah yang dapat terlihat dari puncak dan banyaknya sekumpulan monyet-monyet liar yang menambah daya tarik objek wisata ini. Di lokasi ini juga terdapat restoran, tempat ibadah dan spot foto, tetapi terlihat kurang diperhatikan. Mungkin karena sepinya wisatawan yang datang.

Wisata Pantai Gili Trawangan

Gili trawangan yang berada di Lombok Barat adalah gili yang paling besar dan ramai, baik turis domestik maupun mancanegara. Memiliki pantai yang indah, berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, cafe serta fasilitas lainnya, dijamin asyik untuk liburan kalian.

Untuk menuju Gili Trawangan terlebih dahulu harus menuju Pelabuhan Bangsal. Di sana kalian bisa menggunakan public boat (perahu panjang yang terbuat dari bahan kayu) atau speed boat, tentu kedua transportasi tersebut memiliki jarak tempuh yang berbeda. sehingga bisa di sesuaikan dengan keinginan kalian.

Wisata Budaya, Desa Sasak Sade

Desa Sasak Sade merupakan salah satu dusun di Desa Rembitan, Lombok Tengah yang masih mempertahankan adat suku sasak. Desa ini menjadi salah satu objek wisata budaya di Pulau Lombok. Di tempat ini kita bisa melihat bentuk rumah adat Suku Sasak pada zaman dulu. Melihat langsung cara menenun Suku Sasak.

Di tempat ini juga terdapat rumah-rumah adat yang dijadikan toko untuk menjajakan berbagai macam pernak-pernik khas Suku Sasak yang terkenal hingga ke mancanegara. Rumah adat Suku Sasak tergolong kecil, sehingga perlu menunduk ketika memasuki pintu rumah.

Lantainya masih berasal dari tanah dengan campuran kotoran kerbau, agar suasana rumah terasa dingin. Sedangkan atapnya terbuat dari kumpulan jerami. Tak kalah menarik juga, wanita yang tidak bisa menenun tidak diperbolehkan menikah. Sehingga banyak sekali wanita-wanita Suku Sasak yang belajar menenun dari kecil.

Itulah beberapa objek wisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang wajib dikunjungi setelah pandemi ini selesai.


BERITA TERKAIT
BACA JUGA