Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 05 Jul 2020 13:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Ada yang Tahu Pura Mangkunegaran Itu Apa?

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 1 dari 5
Pendopo Ageng, sebelum memasukinya pengunjung wajib melepas alas kaki.
Pendopo Ageng, sebelum memasukinya pengunjung wajib melepas alas kaki.
detikTravel Community -

Selain memiliki keraton, Kota Solo juga memiliki sebuah istana. Istana ini merupakan kediaman dari keluarga kerajaan Mangkunegaran yaitu Pura Mangkunegaran.

Meskipun sebuah istana, tempat ini terbuka untuk umum. Memasuki area istana, pengunjung akan melewati lapangan luas. Kemudian seorang pemandu akan menemani untuk berkeliling area dalam istana.

Memasuki area dalam istana terlihat sebuah pendopo ageng berbentuk joglo. Sebelum memasuki pendopo, pengunjung wajib melepas alas kaki.

Pada undakan pendopo terdapat 4 patung singa berwarna emas. Warna kuning keemasan dan hijau mendominasi pendopo. Pemandu menjelaskan bahwa tiap detail bangunan pendopo memiliki arti dan makna.

Pada langit-langit pendopo terbentang batik dengan 8 warna berbeda. Warna kuning mencegah kantuk, biru mencegah musibah, hitam mencegah rasa lapar, hijau mencegah frustasi, putih mencegah hawa nafsu, jingga mencegah takut, merah mencegah kejahatan dan ungu mencegah pikiran jahat.

Selanjutnya pengunjung akan dibawa ke Ndalem Ageng. Bangunan berbentuk limasan ini menyimpan berbagai koleksi perhiasan, senjata, pakaian, wayang, foto adipati Solo dan benda pusaka lainnya. Sayangnya pengunjung dilarang mengambil foto didalam ruangan ini.

Keluar dari Ndalem Ageng, pengunjung dibawa ke area keputren. Area ini adalah tempat tinggal keluarga kerajaan. Beberapa foto keluarga kerajaan juga terpajang disini. Disisi lain terdapat taman yang sangat asri. Selain pepohonan dan bunga juga terdapat hewan-hewan peliharaan.

Ruangan lain yang dapat dilihat adalah ruangan keluarga yang biasa digunakan untuk rapat. Ruangan ini dihiasi kaca berbingkai emas dan perabot dari eropa. Disebelah ruang keluarga terdapat ruangan makan. Ruangan ini didominasi kayu dengan atap dihiasi kaca.

Selesai berkeliling, pengunjung akan melalui sebuah selasar. Di dinding selasar ini terpampang juga foto anggota keluarga. Beberapa foto terlihat kuno dan sebagian lagi tampak baru.

Mengunjungi Pura Mangkunegaran tidak hanya memberikan pengalaman baru tetapi juga berbagai pengetahuan tentang Solo.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA