Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Jun 2020 09:10 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Mural di Solo Hanya Bisa Dilihat Di Malam Hari

Ria Rahmawati
d'travelers
Foto 5 dari 5
Salah satu mural bertema Solo Batik Carnival
Salah satu mural bertema Solo Batik Carnival
detikTravel Community -

Solo memiliki Mural Street Gallery. Uniknya mural ini baru bisa dilihat secara keseluruhan saat malam hari.

Solo memiliki banyak destinasi wwisata yang bisa dikunjungi. Salah satu destinasinya adalah Mural Street Gallery. Uniknya mural ini baru bisa dilihat secara keseluruhan saat malam hari.

Pada siang hari jalan Gatot Subroto merupakan kawasan pertokoan yang ramai dikunjungi pembeli pada umumnya. Namun ketika malam tiba dan toko-toko di kawasan ini mulai tutup, terlihat pemandangan yang sangat berbeda. Jalan Gatot Subroto berubah menjadi galeri seni.

Berbagai bentuk gambar, lukisan dan karikatur memenuhi sisi jalan. Mural ini memiliki tema masing-masing, ada mural bertema perjuangan, budaya jawa hingga pop culture. Sebagian besar gambar terdapat di dinding dan pintu pertokoan. Ada juga mural yang digambar di toko bertingkat hingga di gang sempit.

Beberapa gambar mural yang menarik diantaranya pengantin wanita jawa, cerita pewayangan, mural solo batik carnival hingga artis seperti Kurt Cobain dan Nike Ardila. Ada pula mural tokoh nasional seperti mantan menteri kelautan ibu Susi, Gus Mus dan presiden Joko Widodo.

Mural berwarna warni ini adalah bagian dari program "Solo is Solo" dan merupakan hasil karya seniman-seniman kota Solo. Dengan adanya kawasan mural ini, selain menambah destinasi wisata juga mengurangi adanya coret-coret yang merusak.

Pengunjung tempat ini kebanyakan dari kalangan anak muda yang senang berburu foto. Tidak jarang juga ada pengunjung dari luar kota yang penasaran dengan mural cantik di sini.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA