Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Jun 2020 09:35 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Salawati, Spot Tersembunyi di Raja Ampat

Liberius Pajo
d'travelers
Foto 5 dari 5
Ainandhira saat berada di Pantai Bam
Ainandhira saat berada di Pantai Bam
detikTravel Community -

Banyak pantai putih cantik di Raja Ampat yang belum dijelajahi. Salah satunya adalah ada di Salawati.

Potensi wisata di pulau ini belum dikembangkan. Alamnya pasih asri, sunyi dan perawan. Keindahan yang ditawarkan pulau ini khususnya Pantai Bam yakni pantai berbatu. Berbeda dengan pantai lainnya di Raja Ampat yang dominan pantai pasir piutih.

Raja Ampat, di Papua barat telah dikenal sebagai surga wisata dunia. Pesisir pantai, panorama bawah lautnya, hutan dan bukit menyajikan kepingan keindahan yang tak dapat diungkap dengan kata-kata. 'Raja Ampat, the last paradise on earth' itulah julukan bagi negeri ribuan pulau tersebut.

Dan jika berbicara tentang pesisir pantai, maka dibenak kita pasti terlintas pada hamparan pasir putihnya yang luas. Ya memang hampir sebagian besar wilayah peisisr Raja Ampat merupakan hamparan pasir putih.

Bosan bermain di pasir putih? Atau pantai? Maka traveler atau wisatawan perlu berpetualang ke salah satu Pulau terbesar di Raja Ampat yaitu pulau salawati. Pulau ini dengan luas sekitar 1,623 km persegi ini memang belum menjadi destinasi utama Raja Ampat, karena pariwisatanya belum dikemas secara baik.

Sunyi, tenang dan masih alami. Namun Salawati menyajikan  kepingan keindahan, surga petualangan yang sempurna. Saat berada di Pulau ini kita dihantar menyusuri hutan sagu yang luas (pohon-pohon sagu), berjalan di pematang sawah yang kemuning, mengunjungi bunker dan tank-tank peninggalan perang dunia II, melihat ikan Pelangi dengan nama latin Melanotaenia Salawati di sungai doctor dan berenang pada pantainya yang eksotis.

Salah satu pantainya yaitu pantai Bam. Di sini wisatawan menemukan pemandangan hamparan batu-batu granit dan karang berdiri tegar, berserakan menjadi benteng kokoh menahan gempuran ombak yang menderu. Warna laut biru, buih ombak memutih yang pecah di antara bebatuan menciptakan harmoni keindahan yang berbeda dari pantai lainnya di Raja Ampat.

Rhea Arfan, warga Samate Distrik Salawati Tengah menuturkan selama ini pantai Bam hanya ramai dikunjungi masyarakat local (Salawati).

"Biasanya masyarakat di sini sering ke Bam untuk rekreasi khusus saat hari-hari libur" kata Rhea.

Bebatuan yang menjulang tinggi menjadi daya Tarik warga untuk berfoto dengan latar biru laut. Ia berharap ke depan, potensi pariwisata di Salawati bisa dikembangkan dan menjadi pilihan wisata bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat.

Pulau Salawati masih sunyi, tenang dan perawan. Belum ada hiruk pikuk penikmat keindahan, so bagi wisatawan yang ingin mendapatkan petualangan seru, berkunjunglah ke Salawati. Untuk mencapai pulau ini, wisatawan bisa bisa menggunakan bodi/longboat/speedboat dari kota Sorong, dengan jarak tempuh sekitar 1 jam lebih. Pulau ini dekat dengan kota Sorong, karena itu masyarakatnya hampir setiap hari berbelanja atau menjual hasil pertanian dan perikanan di Kota Sorong.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA