Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 12 Jun 2020 10:32 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Pura Tertua Bali yang Melegenda

AyundaCesa
d'travelers
Foto 4 dari 5
detikTravel Community -

Liburan ke Bali belum lengkap tanpa kunjungan ke Pura Besakih. Sebagai pura paling penting dan terbesar, Besakih juga yang tertua, lo.

Pura Besakih dipercaya sebagai awal mula penyebaran ajaran Hindu Dharma di Pulau Bali. Berdirinya Pura Besakih yang terletak di lereng Gunung Agung, Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kab Karangasem ini, berawal dari perjalanan dari Rsi Markandya. Ia adalah seorang yogi atau pendeta Hindu Siwa Tatwa yang berasal dari tanah India Selatan.

Rsi Markandya yang mendapat wahyu Tuhan untuk menyuruhnya untuk membuka hutan di Pulau Dawa (Pulau Bali) untuk dibagikan pada para pengikutnya. Nama Besakih berasal dari kata Besuki kemudian menjadi Besakih yang artinya selamat.

Pemandangan yang menajubkan, membuat siapa saja tertarik untuk kesana. Terletak di bawah kaki Gunung Agung membuat suasana Pura begitu sejuk dan menyegarkan.

Kompleks Pura juga tertata dengan rapi dan unik karena mengandung unsur punden berundak yang merupakan gaya arsitektur buatan nenek moyang bangsa Indonesia. Pura Besakih memiliki luas tanah yang sangat besar, yaitu 20 hektar. Memilki 46 pura besar dan kecil yang terbagi menjadi 3 bagian yaitu Pura Panyungsungan Jagat (20 pura), Pura Kawitan (17 pura) dan Pura Dadya (9 pura).

Harga tiket masuk Pura Besakih bagi wisatawan sebesar Rp 30.000 per orang. Sebagai mana mestinya tempat ibadah, para wisatawan di anjurkan memakai pakaian yang sopan dan tertutup.

Namun jika sudah terlanjur mengenakan pakaian yang kurang tertutup di sana juga di sediakan jasa penyewaan kain sarung yang dibandrol dengan harga Rp 20.000 per kain.

BERITA TERKAIT
BACA JUGA