Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Jun 2020 21:30 WIB

D'TRAVELERS STORIES

5 Wisata yang Wajib Kamu Kunjungi di Nusa Tenggara Barat

Foto 5 dari 5
Instagram Gili Terawangan Lombok
Instagram Gili Terawangan Lombok
detikTravel Community -

Provinsi Nusa Tenggara Barat adalah sebuah provinsi yang sangat terkenal di Indonesia. Hal ini dikarenakan provinsi ini adalah salah satu destinasi tempat wisata di Indonesia yang cukup terkenal. Jika kita bicara mengenai Nusa Tenggara Barat pasti kita langsung berpikiran soal Lombok. Yang terkenal dengan keindahan alam serta pantainya yang eksotis.

Destinasi tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat tidak ada habisnya karena tempatnya banyak dan beragam. Kita bisa mendapatkan pemandangan yang indah mulai dari pantai nya yang begitu eksotis hingga ke pegunungan yang begitu indah. Semua ini dibuktikan bahawa memang banyak sekali potensi wisata yang ada di Lombok. Kali ini kita akan membahas 5 wisata yang wajib dikunjungi di Nusa Tenggara Barat.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah puncak tertinggi ketiga di antara Tujuh Puncak Tertinggi (Seven Summits) di Indonesia, serta merupakan taman nasional. Gunung ini populer sebagai area pendakian sepanjang bulan Juni, Juli, dan Agustus. Ada banyak hal yang bisa dilihat di tempat wisata di Lombok yang satu ini walau Anda tidak mendaki hingga puncak.

Danau Segara Anak merupakan salah satu panorama terkenal di Rinjani. Area sekitar danau ini datar dan cocok untuk memancing atau berkemah. Danau Segara Anak juga dikelilingi berbagai gua yang bisa dijelajahi, seperti Gua Susu, Manik, dan Payung. Ada juga kolam air panas alami yang letaknya sedikit di bawah area danau. Selain bisa untuk berendam, kolam air panas ini juga kerap digunakan penduduk setempat untuk ritual.

Gunung Rinjani juga memiliki berbagai air terjun, yang mana sebagian besar berlokasi di kaki gunung. Terdapat setidaknya 20 air terjun di kaki gunung ini, lengkap dengan kolam sejuk di bawahnya. Ada juga padang rumput berbukit yang unik di Desa Sembalun Lawang, yang juga merupakan titik awal jalur pendakian.

2. Gili Trawangan

Gili Trawangan memiliki banyak pilihan resort, baik yang sederhana maupun mahal. Pelancong bisa menikmati pemandangan pantai, minum di kedai pinggir pantai, menyewa sepeda, atau jalan-jalan naik delman di tempat wisata di Lombok ini. Gili Trawangan juga kerap menjadi lokasi pesta pinggir pantai, sehingga cocok untuk pelancong yang ingin menikmati suasana resort.

3. Goa Bangkang Lombok Tengah

Goa Bangkang adalah sebuah goa yang cukup besar yang terletak di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat. Goa Bangkang bisa kita jumpai saat kita melintasi antara Pantai Kuta Lombok dan Pantai Are Guling. Memang belum ada petunjuk resmi keberadaan Goa Bangkang. Jika kamu sudah berada di desa Prabu tanyakan saja kepada penduduk setempat keberadaan Goa Bangkang. Nanti mereka akan memberikan petunjuk lokasi Goa Bangkang berada. Sebenarnya Goa Bangkang juga lokasinya tak terlalu jauh dari jalan raya jadi kalian bisa memarkirkan kendaraan di pinggir jalan atau di warung yang dekat dengan Goa Bangkang.

4. Sajang Glamping

 

Keindahan Sajang Glamping merupakan salah satu destinasi tempat wisata bagi traveler di NTB apalagi instagrammer yang suka foto destinasi ini sangat cocok karena karena menawarkan keindahan yang luar biasa dan sekaligus tempat camping area dengan fasilitas outdor yang mewah. Sajang Glamping ini berlokasi di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Untuk berkunjung ke tempat ini, anda bisa melewati 2 jalur yakni, jalur Lombok Utara(Bayan) dan Lombok Timur (Aikmel) dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam dari kota Mataram kalian sudah bisa menikmati keindahan Sajang Glamping, pada saat anda memasuki jalur menuju Sajang Glamping anda akan melewati jalan setapak sekitar 100 meter. baik menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaran roda empat.

5. Savana Propok

Bukit Savana Propok ini berada di pedalaman Rinjani bagian tenggara untuk mencapai Savana Propok ini, Wisatawan harus melewati Gawah Gong, Kecamatan Wanasaba. Lokasi yang tak jauh dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang membuat para pendaki yang hendak menikmati sela di waktu libur bisa mendaki Bukit Savana hanya dalam waktu 1 hari 1 malam saja.

Kemudian tiket masuk wisata Bukit Savana Propok menarik tarif untuk satu pendaki sebesar Rp 15.000 dan jika menggunakan kendaraan bermotor, kita harus membayar tambahan biaya sebesar Rp 10.000 untuk parkir kendaraan. Cukup murahkan kalau dijumlahkan menjadi Rp. 25.000 kita sudah bisa masuk kawasan pendakian wisata Bukit Savana Propok dan bisa menjelajah keindahan pesona Bukit Savana Propok.

Perjalanan kesana terbilang sangat sejuk karena kita melewati hutan, membuat kita terasa tidak kepanasan suasana pohon yang rindang, banyak pepohonan membuat para pendaki terasa sejuk dan merasa adem. Dari parkiran sampai pelawangan Bukit Savana Propok dengan estimasi waktu sekitar 3 jam saja, namun para pendaki yang santai sambil menikmati keindahan sekitar 4-5 jam kita sudah sampai di lembah bukit.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA