Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Agu 2020 15:40 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Pesona Bukit Mangunan, Menikmati Negeri di Atas Awan

roghaya ptaiwi
d'travelers
Foto 1 dari 4
detikTravel Community -

Selain terkenal dengan julukan kota pelajar dan kulinernya yakni Gudeg, Yogyakarta juga kaya akan kebudayan dan alamnya sangat indah.

Bagi kalian yang sedang merindukan sejuknya udara dan indahnya kabut pagi serta moment matahari terbit. Mangunan bisa menjadi referensi tempat wisata berlibur ke Yogyakarta yang menawarkan keindahan awan dan juga panorama alam yang menyenangkan.

Menikmati pemandangan dengan udara yang sejuk bisa menjadi sarana relasasi di tengah penatnya suasana kota. Nah, di Bantul Yogyakarta terdapat wisata tersembunyi yang sejuk yang indah dipandang mati dengan julukan Negeri Diatas Awan di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta.

Dari pusat Yogya, kita hanya menempuh perjalanan selama 20 menit untuk menikmati wisata Kebun Mangunan ini. Terletak di Desa Dlingo kecamatan Imogiri, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Tujuannya untuk melepas penat dari keberadaan suasana kota. 

Dengan daya Tarik gardu pandang, mangunan dengan ketinggian mencapai 200 meter di atas permukaan laut memperlihatkan sudut keindahan kota Yogyakarta. Untuk menikmati wisata ini, pengunjung hanya cukup mengeluarkan Rp 5.000 rupiah untuk biaya tiket masuk.

Tidak hanya itu, di sekitar daerah Mangunan, kita bisa menikmati wisata lain yakni Hutan Pinus. Wisata ini berlokasi hanya 500 meter dari Kebun Buah Mangunan. 

Selain melihat-melihat pepohonan hutan pinus, kita juga disuguhkan akan indahnya pemandangan keindahan kota Yogyakarta. Hutan pinus ini juga memiliki spot-spot foto yang menarik untuk kita nikmati untuk berselfie dengan background alam yang menyejukkan. Cukup merogoh kocek Rp 5.000 untuk bisa menikmati hutan pinus ini.

Setelah kita menikamati keindahan alam di Mangunan, tidak afdhol jika belum menikmati kuliner di sekitar Kebun Buah Mangunan. Ingkung Tiwul adalah Inovasi meikmati kuliner desa, yaitu olahan ketela kering yang dahulunya menjadi makanan pokok pengganti nasi bagi masyakrakat kurang mampung di plosok pedesaan. 

Namun, seriring berjalannya waktu, tiwul saat ini menjadi terkenal dan diburu oleh penunjung wisatawan. Sekarang, kuliner yang satu ini berkembangan dan berinovasi dengan aneka rasa yang banyak disukai oleh masyarakat. Tidak hanya tiwul, Mangunan juga mempunya oleh oleh yang indentik dengan minuman yang berbagai banyak rempah-rempah yang sangat cocok untuk di nikmati saat udara yang sejuk.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA