Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 04 Agu 2020 17:49 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Alternatif Wisata Berkemah yang Tak Jauh dari Jakarta

Yulianto Adi
d'travelers
Foto 1 dari 4
Bukit Golf Cibodas
Bukit Golf Cibodas
detikTravel Community -

Cara terbaik untuk melepas penat karena terlalu lama berada di rumah adalah dengan berlibur. Banyak cara dapat dilakukan, salah satunya adalah dengan berkemah.

Selain mengunjungi tempat glamping yg sudah terkenal dan cukup menguras kantong, anda dan keluarga dapat mencoba camping sendiri di area camping yang ada. Bahkan travelers dapat mendirikan tenda di beberapa tempat yang bukan merupakan tempat camping atau sering disebut bumi perkemahan (buper).

Cara yang paling tepat adalah berkemah di tempat yang telah disediakan, dengan fasilitas dimana kendaraan dapat masuk ke dalam area tersebut agar anda tidak perlu repot berjalan kaki dan juga membawa barang bawaan Anda yang cukup banyak .Berikut ada beberapa rekomendasi untuk Anda yang ingin berkemah bersama keluarga dengan membawa kendaraan pribadi:Namun tentu saja banyak pertimbangan untuk anda bersama keluarga apabila mendirikan tenda di tempat yg bukan merupakan bumi perkemahan atau tempat camping. Selain masalah keamanan, fasilitas juga pastinya tidak selengkap di bumi perkemahan.

 

1. Bukit Golf Cibodas

Tempat ini sudah banyak dibahas di banyak blog, terletak di area Cibodas Puncak, tempat ini cukup nyaman dan lengkap fasilitas nya. Kendaraan dapat masuk hingga ke dalam lokasi buper. Sehingga sangat praktis dan tidak perlu lelah untuk berjalan membawa peralatan camping menuju ke spot mendirikan tenda.

Di buper ini, pemandangan cukup bagus, ada tebing dan juga air terjun. Bahkan di area spot tenda bagian bawah, Anda dapat meminta akses listrik untuk keperluan penerangan dan lain sebagainya, toilet juga tersedia, hanya saja memang kurang memadai. Sedangakn untuk spot tenda di atas, tidak tersedia listrik maupun toilet, dan hanya dapat diakses menggunakan roda dua atau roda 4 yang memiliki ground clearance yg tinggi.

Bahkan di saat hujan lebat, hanya dapat dilalui dengan kendaraan 4X4. Namun spot di atas terasa lebih privat dan menantang. Tiket masuk dibanderol Rp 30.000 per orang plus ditambah biaya parkir kendaraan.

 

2. Ranca Cangkuang, Ciwidey

Berkemah di tempat ini juga merupakan pilihan yg tepat, terletak di Ciwidey, Kab. Bandung menjadikan tempat ini dapat dijangkau dengan mudah dari Jakarta. Namun disarankan untuk menggunakan kendaraan dengan ground clearance yang tinggi agar anda dapat lebih mudah sampai di lokasi buper.

Dari Jakarta, buper ini dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 4 jam. Akses jalan masuk ke buper terbilang cukup sulit dikarenakan anda harus melalui tengah kebun teh dengan jalan batu selama kurang lebih 15 menit.

Setelah sampai di gerbang buper, bagi anda yang memiliki kendaraan 4WD dapat masuk ke dalam area buper dan mencari spot terbaik. Sedangkan tanpa kendaraan 4WD, anda tetap dapat masuk langsung ke dalam buper namun dengan pilihan spot yang tidak terlalu banyak dikarenakan akses jalan yang kurang memadai.

Biaya untuk masuk buper ini adalah 50.000 per kendaraan, dilengkapi dengan fasilitas MCK yang cukup baik dan warung di pintu masuk. Menurut cerita yang beredar, pengunjung di lokasi ini banyak diganggu oleh suara aneh dan penampakan makhluk astral.

Namun saya rasa itu hanya berlaku untuk yang kurang peka dan tidak sopan selama berada disana. Hampir di setiap hutan akan ada gangguan seperti itu apabila kita tidak dapat menjaga sikap, namun yang saya alami selama 2 hari berada disana ternyata tidak seseram yang diceritakan.

Tempatnya indah, ada sungai mengalir dan spot area tenda yang cukup banyak dan privat, sama sekali tidak seperti tempat yang angker. Pada sore hari banyak warga lokal yang menawarkan jasa api unggu, kayu bakar dan lainnya. Jadi, tidak perlu khawatir kekurangan kayu untuk api unggun

Untuk Anda yg ingin mencoba ke buper ini, siapkan baju hangat dan selimut yang tebal, karena apabila malam tiba, suhu udara dapat mencapai 12 derajat celcius ditambah angin yg cukup kencang akan membuat anda serasa berada dalam lemari es..

Nah, demikian tadi tempat camping yang memperbolehkan kendaraan kita masuk ke area spot mendirikan tenda. Silahkan anda tambahkan di kolom komentar apabila anda mengetahui tempat lain di dekat Jakarta yang memperbolehkan kendaraan masuk ke area spot tenda.



BERITA TERKAIT
BACA JUGA